Menkominfo: Tujuan Aturan Nataru bukan Melarang, Tetapi Mengendalikan Covid 19

- Minggu, 21 November 2021 | 09:49 WIB
Menkominfo, Johnny G.Plate (foto Kemenkominfo)
Menkominfo, Johnny G.Plate (foto Kemenkominfo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Agar tidak terjadi lonjakan kasus covid 19 gelombang 3 yang diprediksi akhir tahun ini, maka Pemerintah membuat aturan terkait liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Menkominfo, John G Plate menjelaskan, bahwa tujuan dari aturan Nataru ini bukan melarang, tetapi mengendalikan covid 19 saat natal dan tahun baru.

Jadi, lanjut Menkominfo, masyarakat tetap boleh beribadah, namun akan ada syaratnya, begitu pula dengan perayaan tahun baru, itu inti dari aturan Nataru.

Baca Juga: Telkomsel Hadirkan OCR untuk Inovasi dan Digitalisasi Layanan, Begini Penjelasannya

"Dalam situasi yang amat baik ini tapi mengapa diatur, agar tidak berpotensi untuk gelombang ke-3 Keberhasilan itu amat ditentukan kesadaran masyarakat," kata Menkominfo John G Plate.

Terkait aturan secara detail, Menkominfo mengatakan, bahwa aturan itu secara detail melalui instruksi Mendagri. Sehingga peribadatan natal dan pengendalian covid 19 tetap dilakukan.

Sementara Pemerintah mengeluarkan peringatan terkait libur dan perayaan nataru di masyarakat, jauh sebelumnya, karena untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga agar tidak euforia dan tidak membuka ruang baru terjadi penularan.

Baca Juga: Perubahan Iklim dan Keterasingan Pangan Lokal Mengancam Sistem Pangan Berkelanjutan

Selain itu, lanjut Menkominfo, agar masyarakat senantiasa mulai bersiap agar dalam perayaan natal dan tahun baru bisa berlangsung tertib tanpa memunculkan klaster baru.

Ditambahkannya, aturan Nataru ini bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, tetapi untuk mengingatkan.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X