Dispuspa Kabupaten Magelang Raih Penghargaan Kearsipan

- Kamis, 10 Juni 2021 | 19:55 WIB
MenpanRB Tjahjo Kumolo menyerahkan langsung penghargaan kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin. SM/Dok
MenpanRB Tjahjo Kumolo menyerahkan langsung penghargaan kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin. SM/Dok

MAGELANG, suaramerdeka.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang meraih penghargaan kearsipan dengan predikat 'sangat memuaskan' pada malam puncak Peringatan Hari Kearsipan Ke-50 di Gedung Arsip Nasional RI, Jakarta, Rabu 9 Juni 2021.

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo menyerahkan langsung penghargaan kepada Bupati Magelang Zaenal Arifin.

Pada sambutannya, Zaenal mengungkapkan penghargaan itu diraih Dispuspa karena terus berupaya memaksimalkan pendataan kearsipan agar bisa tertata dengan baik dan rapi dan memberikan sejarah yang jelas kepada generasi selanjutnya.

Baca Juga: Mobilitas dan Tidak Taat Prokes, Penyebab Kasus Covid-19 Meningkat

"Saya berharap Dispuspa dapat terus menjaga dan meningkatkan kinerja dalam bidang kearsipan, melihat tantangan ke depan jauh lebih sulit, yaitu mendokumentasikan dan menjaga arsip dalam bentuk digital, sehingga dalam pencarian lebih mudah, aman, dan tidak memakan tempat," jelasnya.

Sementara, Presiden Indonesia Joko Widodo melalui konferensi video menegaskan, pengelolaan arsip pada era kiwari harus dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Ia berharap metode-metode pengarsipan lama yang pengelolaannya tidak efisien, proses penelusuran data yang lambat, dan penyimpanannya tersebar sembarangan ditinggalkan.

"Negara-negara lain sudah lebih jauh berinovasi tentang arsip, tidak lagi sekedar mengelola arsip, negara lain sudah lebih dulu mengembangkan arsip sampai pada proses identifikasi bahkan pelacakan arsip secara cepat," tandasnya.

 Joko Widodo menambahkan inovasi arsip bukan memenuhi kebutuhan pemerintahan semata, tetapi juga mencakup tema-tema publik.

"Adaptasi teknologi harus segera dilakukan, harus jadi prioritas," pungkasnya.

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Susi Pudjiastuti Juga Tanggapi Soal Pungli

Sabtu, 12 Juni 2021 | 14:26 WIB
X