Mobilitas dan Tidak Taat Prokes, Penyebab Kasus Covid-19 Meningkat

- Kamis, 10 Juni 2021 | 18:44 WIB
Ilustrasi tempat isolasi mandiri pasien Corona. Foto/Antara
Ilustrasi tempat isolasi mandiri pasien Corona. Foto/Antara

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Kasus positif Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir mengalami lonjakan. Bahkan di beberapa daerah meningkat hingga puluhan kali lipat.

Dua daerah yang menjadi sorotan pemerintah dan Satgas Covid-19 yakni Kabupaten Kudus dan Kabupaten Bangkalan, Madura. Daerah yang lain juga mengalami mengalami peningkatan jumlah kasus meski tidak melonjak tajam.

Epidemiolog UGM, Dr Riris Andono atau akrab disapa Doni menilai peningkatan lonjakan kasus positif antara lain karena arus mudik. Mobilitas warga ketika Lebaran meningkat.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Covid-19, Hendi Akan Sewa Hotel Sebagai Tempat Karantina

Menurutnya tanpa atau dengan mudik, ketika mobilitas meningkat dan sudah ada transmisi lokal, penularan juga akan meningkat.

Seperti diketahui, peningkatan kasus di Kudus misalnya, ditengarai oleh Satgas covid-19 berasal dari kluster ziarah makam.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan justru kluster keluarga yang menjadi penyebab naiknya kasus covid-19 di Kudus.

''Untuk mengetahui penyebab naiknya kasus di Kudus harus ada data secara nyata seberapa besar kunjungan ke makam, seberapa jauh kedisiplinan masyarakat dan faktor lainnya. Kalau tidak ada data nyata ya tidak bisa ditarik kesimpulan yang mana secara pasti. Yang bisa diberikan adalah penjelasan kemungkinan, mobilitas maupun kepatuhan pada protokol atau keduanya berkontribusi pada peningkatan kasus,'' papar Doni.

Baca Juga: Menag Akan Bahas Haji 2022 Lebih Awal dengan Arab Saudi

Ia menilai untuk membedakan kemungkinan-kemungkinan tersebut tidak terlalu relevan sebab strategi pengendalian penularan memerlukan kombinasi antara melakukan restriksi dan meningkatkan kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Presiden Minta Jaga Kelestarian Penyu

Jumat, 24 September 2021 | 01:20 WIB

PTM Tak Akan Disetop

Jumat, 24 September 2021 | 01:10 WIB

Membudidayakan Klanceng agar Sejahtera

Jumat, 24 September 2021 | 01:00 WIB

Jokowi Tidak Ingin Ada Konflik Agraria di Banyak Daerah

Kamis, 23 September 2021 | 13:20 WIB
X