Kurangnya Masker Berkualitas Bisa Jadi Faktor Melonjaknya Covid-19

- Kamis, 10 Juni 2021 | 14:12 WIB
Masker sekali pakai/Foto: Istimewa
Masker sekali pakai/Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Peningkatan kasus Covid -19 kembali terjadi di tanah air. Diprediksi peningkatan ini masih akan terjadi selama beberapa minggu ke depan.

Pemerintah sendiri terus mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan khususnya menggunakan masker. Sayang, masker yang digunakan bukan masker berkualitas.

Ketua Pimpinan Pusat GP Ansor Faisal Saimima mengatakan, dalam kegiatan distribusi jutaan masker yang dilakukan selama setahun terakhir, banyak masyarakat yang tidak memiliki masker berkualitas. Padahal, masker merupakan bagian utama menekan angka penyebaran kasus.

“Dalam masa pandemi kita sudah menghadapi banyak bencana ganda pandemi dan bencana alam. Tak ada jalan lain, stok masker medis secara masif perlu disiapkan pemerintah dan semua pihak bukan saat bencana. Cadangan besar justru harus kita siapkan sebelum bencana terjadi,” kata Faisal, Kamis (10/6).

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 di Kudus Mulai Turun. Ganjar Minta Jangan Lengah

Faisal menjelaskan bahwa seringkali kalangan aktivis menemui kenyataan kurangnya stok masker medis berkualitas dalam jumlah besar saat terjadinya bencana.

Faisal yang sudah setahun terakhir melakukan kampanye distribusi puluhan juta masker medis, Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan, serta berbagai bahan pokok kepada masyarakat kerap menemui keprihatinan yang sama.

Dalam kegiatan distribusi lima juta masker medis yang dilakukan bersama Aice Group dan Kantor Staf Presiden (KSP) di 20 kota Indonesia, para aktivis membangun gerakan pentahelix yang terdiri dari banyak elemen pemangku kepentingan.

Gerakan ini melibatkan puluhan pemerintah daerah, ratusan ormas dan organisasi kampus serta keagamaan, hingga ratusan media massa nasional dan daerah.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X