Wakil Ketua MPR RI: Perbaiki Tata Kelola Pendistribusian Vaksin

- Sabtu, 20 November 2021 | 14:57 WIB
Vaksinasi di lingkungan pemerintah (suaramerdeka.com/Cun Cahya)
Vaksinasi di lingkungan pemerintah (suaramerdeka.com/Cun Cahya)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Segera perbaiki tata kelola pendistribusian vaksin ke sejumlah daerah untuk menghindari meningkatnya jumlah vaksin kedaluwarsa. Kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah harus segera diwujudkan.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan ribuan dosis vaksin Covid-19 di sejumlah daerah tercatat kedaluwarsa sehingga tidak bisa lagi diberikan kepada masyarakat.

Menurut Lestari, semakin pendek masa kedaluwarsa vaksin seharusnya tata kelola distribusinya lebih ketat, sehingga ketersediaan vaksin dan jumlah orang yang siap untuk divaksin di sejumlah daerah bisa lebih tepat.

Baca Juga: Mahasiswa Sastra Indonesia Undip Bicara Ketimpangan Gender di Masyarakat Jawa, BRIN Beri Apresiasi

"Masa layak pakai yang relatif pendek dari vaksin Covid-19 yang ada menuntut para pemangku kepentingan bekerja lebih cermat dengan tata kelola yang jauh lebih baik," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 19 November 2021.

Lestari berharap, kolaborasi antara pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah dalam pendistribusian vaksin Covid-19 harus lebih baik lagi, dengan membangun komunikasi yang intens, sehingga tidak ada lagi vaksin yang terbuang.

Lestari menilai, hal ini merupakan kondisi yang ironis karena di satu sisi penerima vaksin Covid-19 dua dosis secara nasional masih kurang dari setengah target yang dicanangkan.

Baca Juga: Mensos Risma Hampir Pingsan Saat Kunjungi Lokasi Bencana di Deli Serdang

Namun, tegasnya, di sisi lain di sejumlah daerah ribuan dosis vaksin terbuang percuma karena kedaluwarsa.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RK: Kita Tak Pernah Merencanakan Pembangunan Ibukota

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:42 WIB
X