Erick Thohir Dorong BUMN Kembangkan Kreativitas dan Inovasi

- Kamis, 10 Juni 2021 | 08:55 WIB
Menteri BUMN, Erick Thohir (BUMN.go.id)
Menteri BUMN, Erick Thohir (BUMN.go.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mendorong perusahaan-perusahaan BUMN mengembangkan kreativitas, kewirausahaan, dan kepemimpinan dalam masa pandemi Covid-19.

Sehingga seluruh BUMN, Anak Usaha BUMN, dan BUMD diharapkan dapat beradaptasi dengan terus berinovasi melalui penghargaan BUMN Marketeers Award.

"BUMN Indonesia sebagai salah satu pilar ekonomi harus menunjukkan kreativitas dan inovasi untuk membantu dampak kesehatan dan ekonomi," kata Erick Thohir dalam sambutannya di acara BUMN dan BUMD Marketeers Award yang digelar secara daring, Rabu 9 Juni 2021.

Baca Juga: Ciamis Masuk Zona Merah, Ini Penyebabnya

Erick menyampaikan, dengan BUMN Marketeers Award ini perusahaan-perusahaan BUMN dan BUMD dapat senantiasa menunjukkan akuntabilitas dan kredibilitasnya.

Sementara itu Deputy Chairman MarkPlus, Inc. H Taufik menyampaikan BUMN yang direksi milenial-nya masih sedikit, ternyata cepat beradaptasi melakukan perubahan sesuai dengan tuntutan zaman.

Menurutnya banyak kreativitas, inovasi, entrepreneurship dan leadership yang dilakukan BUMN dan anak BUMN serta beberapa BUMD di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Perlu Adanya Edukasi di Masyarakat Agar Muatan Materi Penghinaan Presiden Tidak Menjadi Polemik

Taufik menuturkan ernyata mereka melakukan percepatan transformasi digital agar bukan hanya sekedar survive tapi bagaimana cara memberikan produk dan layanan yang lebih baik sesuai dengan tuntutan jaman terbaru.

"Dalam proses penjurian tersebut, para juri yang berasal dari luar BUMN, anak BUMN dan BUMD dibuat kagum dengan berbagai inisiatif transformasi digital yang dilakukan. Ternyata, meski luput banyak perhatian, banyak BUMN, anak BUMN dan BUMD yang mencoba menjaga relevansi usaha mereka di masa depan dengan melakukan transformasi bisnis dan berbasis digital," jelasnya.

Hermawan Kartajaya menambahkan mestinya perusahaan-perusahaan Indonesia, khususnya BUMN, anak BUMN dan BUMD, tidak perlu inferior. Mereka bisa melakukan kreativitas, inovasi sesuai dengan tuntutan situasi persaingan, sekalipun mereka menghadapi keterbatasan dalam dana dan tenaga.

"Ini berarti entrepreneurship berkembang baik dan leadership berjalan dengan baik di tengah tantangan bisnis karena covid-19," ungkapnya.

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Susi Pudjiastuti Juga Tanggapi Soal Pungli

Sabtu, 12 Juni 2021 | 14:26 WIB
X