Indonesia-Prancis Perkuat Kerja Sama Maritim Pengelolaan Natural Capital

- Rabu, 9 Juni 2021 | 19:26 WIB
Tim SAR Gabungan melakukan pencarian korban yang terseret ombak di Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Minggu (30/5). (Supriyanto)
Tim SAR Gabungan melakukan pencarian korban yang terseret ombak di Pantai Menganti, Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen, Minggu (30/5). (Supriyanto)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Wamenlu RI, Mahendra Siregar telah menerima courtesy call Menteri Kelautan Prancis, Annick Girardin, yang tengah melakukan lawatan ke Indonesia (08/06/2021).

Menteri Kelautan Prancis sampaikan bahwa Indonesia merupakan negara non-Eropa pertama yang dikunjunginya sejak menjabat pada Juli 2020.

Pertemuan membahas langkah konkret merealisasikan potensi peningkatan kerja sama bilateral RI-Prancis, khususnya di bidang kemaritiman dan kelautan, serta kerja sama yang lebih luas dalam kerangka Indo-Pasifik.

Baca Juga: Dua Mahasiswa UIN SATU Tulungagung Raih Juara Internasional Mahrojan ‘Arabi 2021

Wamenlu RI menggarisbawahi bahwa terdapat potensi kerja sama yang besar yang dalam lingkup kemaritiman, terutama pemanfaatan dan pengelolaan natural capital, baik di darat maupun di laut, secara berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kemakmuran masyarakat.

Dengan pendekatan nilai kesetaraan, keadilan, dan kemajuan kedua belah pihak, Indonesia menyambut positif berbagai inisiatif peningkatan kerja sama bilateral yang diupayakan pemangku kepentingan kedua negara.

Baca Juga: Update Corona 9 Juni: Kasus Covid-19 di Indonesia Makin Melambung, Hari Ini Tambah 7.725 Orang

Sebagai mitra strategis Indonesia, Prancis harapkan kedua negara saling dukung dalam menyuarakan solusi terhadap tantangan global pada forum internasional. Prancis dan Indonesia juga perlu mengedepankan kerja sama konstruktif dalam menghadapi tantangan bersama tersebut.

Dukungan terhadap pembangunan ekonomi Indonesia pada ranah kemaritiman tidak terlepas dari upaya bersama mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 14: Life Below Water.

Menteri Girardin sampaikan apresiasi atas dukungan Indonesia terhadap terpilihnya Prancis sebagai Development Partner ASEAN dan tegaskan iktikad untuk kerja sama dalam kontribusi terhadap pembangunan di Indonesia, termasuk dengan pelibatan komunitas bisnis Prancis di Indonesia dan juga lembaga Agence Française de Développement (AFD).

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Sumber: kemenlu

Tags

Terkini

Rehab Rumah Tak Layak Huni, BRI Gombong Bantu Rp 50 Juta

Selasa, 21 September 2021 | 21:46 WIB

RK: Siap-siap Hidup dengan Covid-19 Sebagai Endemi

Selasa, 21 September 2021 | 17:32 WIB
X