Pemerintah Revisi Empat Pasal UU ITE, Ujaran Kebencian Diperjelas Maksudnya

Red
- Selasa, 8 Juni 2021 | 19:58 WIB
UU ITE/Ilustrasi istimewa
UU ITE/Ilustrasi istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengungkapkan, akan ada perubahan pada empat pasal Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang menimbulkan multitafsir atau pasal karet.

Revisi terbatas akan dilakukan pada empat pasal UU ITE, yaitu Pasal 27, 28, 29, 36, dan 45C. Revisi dilakukan untuk menghilangkan kriminalisasi yang kerap dialami oleh masyarakat sipil.

"UU ITE akan dilakukan revisi terbatas yang menyangkut substansi. Ada empat pasal yang akan direvisi," kata Mahfud di kantornya, Selasa (8/6), seperti dikutip dari Kata Data.

Revisi yang dilakukan mencakup enam permasalahan, salah satunya ujaran kebencian. Tim pengkaji aturan akan menambahkan frase "mendistribusikan dengan maksud diketahui umum" sehingga memperjelas maksud dari ujaran kebencian.

Selain itu, tim pengkaji aturan akan memperjelas definisi kebohongan, memperjelas aturan perjudian daring, kesusilaan daring seperti penawaran seks daring, fitnah, dan penghinaan.

Baca Juga: Pemkab Percepat Pembangunan Pasar Sementara Weleri I di Terminal Bahurekso

Mahfud pun memastikan bahwa pemerintah tidak akan mencabut UU ITE tersebut. Sebab, regulasi itu diperlukan untuk mengatur lalu lintas komunikasi pada dunia digital.

Revisi itu dilakukan dengan menggandeng 55 orang yang berasal dari berbagai instansi dan profesi. Beberapa di antaranya ialah Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional, para pelapor terjadinya tindak pidana, para korban, aktivis, akademisi, anggota DPR, hingga partai politik.

Selain itu, ada pula Kementerian Komunikasi dan Informatika, Polri, Kejaksaan, Mahkamah Agung, Komnas HAM, Komnas Perempuan, dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. Hal tersebut telah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo dan rancangan UU akan melalui proses legislasi oleh Kemenkumham.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X