Antisipasi Sistem Keamanan Data Pengguna Gojek hingga Tokopedia, Kominfo Minta 3 Hal Ini

Red
- Selasa, 8 Juni 2021 | 15:17 WIB
cara mencegah serangan hacker pada smartpone
cara mencegah serangan hacker pada smartpone

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta penyelenggara sistem elektronik (PSE) seperti Gojek, Grab, Shopee hingga Tokopedia untuk memastikan sistem keamanan data pengguna.

Hal ini sebagai langkah antisipasi, menyusul dugaan kebocoran 279 juta data peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sejak tiga pekan lalu (21/5).

Kominfo, berdasarkan hasil investigasi sementara, menduga jutaan data identik dengan yang ada di BPJS Kesehatan. Ini mengacu pada nomor kartu, kode kantor, data keluarga/tanggungan, serta status pembayaran.

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin, Bertepatan dengan Fase Bulan Baru, Hanya dapat Disaksikan di Wilayah ini

Berkaca dari kasus tersebut, Kominfo menyoroti sistem keamanan data PSE lain. Apalagi, “ancaman kejahatan siber dan unethical hacking terus terjadi dan berkembang dari sisi teknologi,” katanya.

Kementerian meminta dengan tegas kepada seluruh PSE untuk melakukan tiga hal. Pertama, memastikan dan melaksanakan tata kelola pelindungan data pribadi yang menyeluruh, mutakhir, dan profesional.

Kedua, memastikan teknologi keamanan siber selalu dievaluasi. Lalu ada peningkatan kualitas dan pembaharuan secara berkala guna mencegah kejahatan siber terkini. Terakhir, meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) yang menjalankan pengamanan dan pelindungan data pribadi, serta keamanan siber.

Baca Juga: Manajemen Kontijensi di Kudus Bakal jadi Role Model Wilayah Lain

Sebelumnya, akun bernama Kotz menawarkan data yang diklaim milik peserta BPJS Kesehatan, di forum peretas. Ia bahkan menawarkan satu juta data yang bisa diakses gratis sebagai sampel.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Digitalisasi Tetap Menjadi Kunci Pengembangan Daerah

Rabu, 22 September 2021 | 14:33 WIB

Bupati Kolaka Timur dan Lima Staf Terjaring OTT KPK

Rabu, 22 September 2021 | 10:53 WIB

Pak Penghulu pun Kenakan APD

Rabu, 22 September 2021 | 01:35 WIB

PTM Tanpa Izin, 90 Siswa Terpapar Virus Korona

Rabu, 22 September 2021 | 01:29 WIB

Rehab Rumah Tak Layak Huni, BRI Gombong Bantu Rp 50 Juta

Selasa, 21 September 2021 | 21:46 WIB
X