Menkes Perintahkan Pasien Covid-19 di Kudus dengan Kondisi Berat atau Bergejala Dikirim ke Semarang

- Selasa, 8 Juni 2021 | 13:48 WIB
covid-19. (pikiran rakyat)  (Cun Cahya)
covid-19. (pikiran rakyat) (Cun Cahya)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan penanganan peningkatan kasus Covid-19 di Kudus harus dilakukan secara masif, tidak bisa dibebankan Pemkab Kudus saja.

Menurutnya ada beberapa hal yang harus dibenahi dalam pengendalian peningkatan kasus Covid-19 di Kudus.

Salah satunya tekanan di rumah sakit harus dikurangi, terutama pasien dengan kondisi berat atau bergejala dikirim ke Semarang.

Baca Juga: Mabes Polri Kirim Ambulans Operasional Nemangkawi ke Timika

"Yang jangka pendek memang tekanan di rumah sakit harus dikurangi, dengan cara saya minta kalau yang berat-berat langsung dikirim ke Semarang saja, supaya mengurangi tekanan rumah sakit dan tenaga kesehatan di Kudus. Karena sudah banyak sekali yang terpapar tenaga kesehatannya, coba tolong dijaga bukan lingkungan rumah sakitnya tapi lingkungan keluarganya,” kata Budi saat bertemu Gubernur Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, belum lama ini.

Kementerian Kesehatan juga sudah mengirimkan 70 orang perawat dari Politeknik Kesehatan Semarang, dan dibantu 38 dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk ikut menangani pasien dengan gejala yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Kudus.

Kemenkes juga telah mengirimkan sebuah armada mobil PCR dari Yogyakarta, untuk membantu peningkatan testing terhadap masyarakat Kudus.

Baca Juga: Call Center 110 Akan Memanfaatkan Artificial Intelligence

Gubernur Ganjar Pranowo menambahkan, untuk saat ini persoalan kekurangan tenaga kesehatan di Kudus sudah tertangani dengan bantuan dari Pemprov Jateng dan Kementerian Kesehatan.

Pemprov juga telah meminta Pemkab Kudus, untuk membuat tempat isolasi terpusat dan menangani masyarakat yang terpapar tanpa gejala dalam satu tempat.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Umrah Segera Dibuka, Simak Syaratnya Saat Pandemi

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:15 WIB
X