Call Center 110 Akan Memanfaatkan Artificial Intelligence

Rep
- Selasa, 8 Juni 2021 | 12:20 WIB
Arief Wibowo. (suaramerdeka.com/dok) (Redaksi)
Arief Wibowo. (suaramerdeka.com/dok) (Redaksi)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Peluncuran nomor pelayanan pengaduan dengan kode akses 110 oleh Mabes Polri beberapa waktu lalu disambut hangat oleh Komunitas 110.

Menurut Ketua Umum Komunitas Smart 110, Arief Wibowo kepada wartawan, layanan 110 diharapkan dapat menjadi sentral pelayanan publik.

"Tidak hanya pelayanan kepolisian, juga untuk pelayanan publik seperti pemadam kebakaran, penanganan bencana dan lainnya," kata Arief, Selasa, 8 Juni 2021.

Baca Juga: Wali Kota Pontianak Tanggapi Video Viral Aksi Satpol PP Merusak Ukulele

Ia menambahkan, salah satu keberhasilan call center 911 di Amerika Serikat adalah partisipasi komunitas masyarakat yang menginginkan keberhasilan layanan ini untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

Bahkan kelak ia berpendapat 110 tidak hanya dapat diakses melalui saluran telepon, juga ada aplikasi diponsel.

Menurutnya hal ini penting untuk mendekatkan layanan 110 dengan generasi milenial yang aktivitasnya lekat dengan smartphone.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, TNI-Polri Tambah Personel Perkuat Testing dan Tracing

"Pengemasan ini penting agar 110 menjadi sahabat milenial. Terobosan lainnya dalam aplikasi, masyarakat yang ingin mengurus SKCK atau surat kehilangan, tinggal lapor dan mendownload surat-surat tersebut. Dan diaplikasi tersebut juga ada fungsi video call utk validasi laporan selain NIK pelapor. Hal ini dapat membantu layanan contactless," paparnya.

Selain itu Arief mengatakan kelak akan ada kebutuhan drone dengan fungsi pendamping patroli Babinkamtibmas yang dapat menjadi respon cepat dari kanal 110 atas laporan masyarakat.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Terkini

X