Keterisian RS Covid-19 Nasional Naik 14 Persen, Jateng Tertinggi di Jawa

- Selasa, 8 Juni 2021 | 09:12 WIB
Ruang isolasi pasien Covid-19 (antara)
Ruang isolasi pasien Covid-19 (antara)

JAKARTA, suaramerdeka.com  – Tingkat keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 atau Bed Occupancy Rate (BOR) secara nasional rata-rata mingguan mengalami peningkatan 14,07 persen dibandingkan rata-rata minggu sebelumnya.

Per 6 Juni BOR nasional rata-rata sebesar 40 persen. Tercatat 14 provinsi dengan BOR di atas rata-rata nasional dan 5 provinsi dengan BOR di atas 50 persen

Di antaranya, Kalimantan Barat, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Jambi, dan Riau. Dari data, Jawa Tengah tercatat memiliki BOR tertinggi di Pulau Jawa.

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 di Bantul Kian Gencar, Ini Daerah yang Masuk Prioritas Utama

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan per 6 Juni 2021, 22 provinsi mengalami tren peningkatan rata-rata pasien yang dirawat di rumah sakit dibandingkan rata-rata dua minggu sebelumnya.

BOR Isolasi dan Intensif ICU di tingkat kabupaten/kota meningkat seiring dengan peningkatan kasus aktif.

Bahkan BOR Isolasi di beberapa kabupaten/kota di Sumatera dan Jawa bahkan melebihi 70 persen dan 100 persen seperti di Musi Rawas Utara, Toba Samosir, dan Lanny Jaya.

Baca Juga: Bantah Hoaks Bahaya BPA, Perhimpunan Dokter PBNU Dukung Aturan BPOM

BOR Intensif (ICU) di beberapa kabupaten/kota juga mencapai lebih dari 70 persen, bahkan di Jawa Tengah dan Jawa Barat terdapat mencapai 100 persen seperti di Majalengka dan Rembang.

Menurut Menkes ada beberapa daerah atau klaster yang memiliki kenaikan BOR cukup tinggi, contohnya di Kudus dan Bangkalan.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X