Kasus Covid-19 Meningkat, TNI-Polri Tambah Personel Perkuat Testing dan Tracing

- Selasa, 8 Juni 2021 | 09:00 WIB
Satgas Covid-19 melakukan swab antigen kepada warga yang kedapatan melanggar protokol kesehatan, kemarin malam. SM/Dok
Satgas Covid-19 melakukan swab antigen kepada warga yang kedapatan melanggar protokol kesehatan, kemarin malam. SM/Dok

JAKARTA, suaramerdeka.com -  Sejalan dengan meningkatkannya jumlah kasus Covid-19 yang ada, TNI-Polri menerjunkan tambahan personel untuk memperkuat upaya pemeriksaan (testing) dan tracing (penelusuran).

“Yang kedapatan reaktif ini kemudian kita berikan treatment khusus dengan diarahkan untuk isolasi mandiri, sambil menunggu hasil PCR. Ini diawasi oleh TNI-Polri sehingga tidak terjadi pergerakan yang kemudian mengakibatkan kontak erat,” tegas Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.

Saat ini, kata Kapolri, tengah diturunkan kurang lebih empat kompi gabungan TNI-Polri untuk mendukung penanganan kasus di Kudus.

Baca Juga: Yenny Wahid Bersedia Tidak Digaji Demi Meringankan Keuangan Garuda Indonesia

“Untuk menjaga klaster Kudus dan kemudian mempersiapkan dan mendorong pemerintah daerah untuk menambah tempat-tempat isolasi mandiri rujukan yang ada di Donoyudan dan juga ada di Semarang.”

:Jadi, klaster isolasi mandiri yang ada di rumah-rumah kita bisa geser, karena kurang lebih ada 1.200, dan itu saat ini sedang berjalan,” terangnya.

Sementara untuk penanganan di wilayah Bangkalan, Kapolri mengatakan saat ini sudah dilaksanakan pengetatan PPKM Mikro yang dilakukan di tiga kecamatan yang dibarengi dengan penguatan upaya testing, tracing, dan isolasi.

Mengakhiri keteranganya, Kapolri menegaskan, langkah seperti yang dilakukan di Kudus dan Bangkalan ini akan diterapkan untuk wilayah yang mengalami lonjakan kasus Covid-19.

“Langkah-langkah ini kemudian akan kita samakan di setiap wilayah. Yang dalam satu minggu ada kenaikan lebih dari 500 [kasus] akan kita berlakukan manajemen kontigensi terkait dengan penanganan khusus sehingga laju pertumbuhan Covid-19 di seluruh wilayah bisa kita kendalikan,” tandasnya

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X