Penguatan dan Pengetatan PPKM Mikro, TNI dan Polri Terjunkan Tim Gabungan

- Selasa, 8 Juni 2021 | 06:36 WIB
KETERANGAN: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan pers usai Rapat Terbatas Penanganan Pandemi Covid-19, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (07/06/2021). (Foto: Humas/Rahmat)
KETERANGAN: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan keterangan pers usai Rapat Terbatas Penanganan Pandemi Covid-19, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (07/06/2021). (Foto: Humas/Rahmat)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Guna mendukung upaya pengetatan dan penguatan implementasi kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro) di daerah, tim gabungan diturunkan Polri dan TNI

Hal tersebut disampaikan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo usai mengikuti Rapat Terbatas Penanganan Pandemi Covid-19, Senin (07/06/2021).

Khusus untuk wilayah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ungkap Kapolri, terdapat 60 desa yang termasuk ke dalam zona merah.

“Kami TNI-Polri menurunkan tim untuk memberlakukan kegiatan pengetatan dan penguatan PPKM Mikro dengan menambah personel untuk membatasi kegiatan ataupun ruang gerak dari masyarakat yang ada di 60 desa dan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan terhadap masyarakat yang keluar masuk,” ujarnya.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Blora Meningkat, Bupati Gelar Rakor Tentukan Langkah Penanganan

Hasil evaluasi, kata Kapolri, menunjukkan peningkatan kasus Covid-19 pasca libur Lebaran rata-rata terjadi karena adanya klaster kerumunan.

“Klaster itu muncul karena kegiatan silaturahmi, kemudian kegiatan-kegiatan kunjungan ke tempat wisata, ataupun kunjungan-kunjungan ke famili, sehingga dari situ kita melihat terjadi peningkatan,” ujarnya.

Listyo menambahkan, jumlah kasus tersebut juga semakin meningkat karena adanya kecenderungan berkurangnya kedisiplinan masyarakat dalam penggunaan masker.

“Jadi, apabila kita lihat, terjadi ledakan di wilayah Kudus dan Bangkalan. Jadi, tentunya kami TNI-Polri kemudian melakukan langkah-langkah dalam rangka memberikan pendampingan dan melakukan akselerasi untuk segera memulihkan kembali dan mengendalikan laju pertumbuhan angka Covid-19,” ujarmya.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X