Aparat Kewilayahan Harus Kuasai 5 Kemampuan Teritorial

- Senin, 7 Juni 2021 | 19:38 WIB
foto: suaramerdeka.com/dok
foto: suaramerdeka.com/dok

MADIUN, suaramerdeka.com - Guna memelihara dan meningkatkan kemampuan serta keterampilan teknis satuan kewilayahan dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan.

Kodim 0803/Madiun menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister), bertempat di Aula Makodim 0803/Madiun jl. Pahlawan no 25, Kel. Madiun Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun Madiun, Senin (7/6).

Kegiatan Latnister yang diikuti 120 personel Babinsa jajaran dibuka langsung oleh Komandan kodim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles.

Baca Juga: Manajemen Kontijensi Penanganan Covid 19 di Kudus, 6 Watercanon Disiapkan

Dalam sambutanya Dandim menyampaikan kegiatan latihan teknis teritorial merupakan metode latihan dan teknis guna meningkatkan kemampuan perorangan sebagai aparat kewilayahan.

"Pemahaman terhadap 5 kemampuan teritorial merupakan materi dasar yang harus dikuasai untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan sebagai aparat kewilayahan," ungkap Dandim.

Lebih lanjut Dandim menyampaikan, pembinaan tertorial (Binter) merupakan tatanan yang bercorak kewilayahan serta didayagunakan untuk mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan untuk mendukung kepentingan pertahanan Negara.

Baca Juga: Menag Dorong DKM Miliki Porgram yang Berkontribusi Membangun Masyarakat

"Sebagai aparat teritorial harus mampu memberikan informasi yang akurat, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat serta keahlian dalam melaksanakan kegiatan komunikasi sosial bersama masyarakat, selain itu manajemen teritorial dan penguasaan wilayah serta pembinaan perlawanan rakyat harus benar - benar dikuasai," imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya Dandim berharap kepada para peserta agar mengikuti kegiatan Latnister dengan sungguh - sungguh serta memperhatikan materi yang diberikan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB
X