Bocah SD Pencuri Motor Dibebaskan, Tempuh Upaya Restorative Justice

- Senin, 7 Juni 2021 | 19:03 WIB
Bocah SD Pencuri Motor Dibebaskan, Tempuh Upaya Restorative Justice
Bocah SD Pencuri Motor Dibebaskan, Tempuh Upaya Restorative Justice

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pencurian sepeda motor Honda Beat warna putih dengan pelaku dua pelajar Sekolah Dasar (SD) kelas 6, berakhir damai.

Perdamain tersebut terjadi setelah aparat Polsek Semarang Barat melakukan upaya Restorative Justice terhadap kasus yang terjadi di depan kios potong rambut Daper, Jalan Kenconowongu Tengah I, Karangayu, Semarang Barat pada Minggu (30/5) sekitar pukul 10.00.

Kapolsek Semarang Barat Kompol Dina Novita Sari mengatakan, kasus yang sempat viral di media sosial tersebut merujuk ke arah damai atau melakukan tindakan Restorative Justice lantaran mempertimbangan faktor kemanusiaan. Mengingat kedua pelaku masih dibawah umur.

Baca Juga: Perkembangan Klub Dansa Dipacu Raih Prestasi

Dalam Restorative Justive yang dipimpinnya dan atas perintah Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Amwar, pihaknya menghadirkan pelaku dan orang tua mereka serta M Yupiter (25), pemilik sepeda motor tersebut.

"Ada tiga poin yang disepakati yaitu korban tidak akan menuntut secara hukum dan sudah memaafkan terhadap para tersangka, pihak tersangka telah mengakui perbuatanya dan meminta maaf," ungkapnya, saat berada di Mapolsek Semarang Barat, Senin (7/6) siang.

Baca Juga: Kapolri Siapkan 5 Manajemen Kontijensi Terkait Zona Merah Covid-19

Adapun, lanjut dia, meski kedua pelaku dipulangkan atau diserahkan ke orang tua masing masing. Namun keduanya masih harus datang ke Mapolsek setiap Senin dan Kamis untuk wajib lapor.

"Kami kenakan wajib lapor setiap Senin dan Kamis sampai batas waktu yang belum ditentukan," ujarnya.

Terkait kejadian ini, lanjut dia, pihaknya meminta kepada orang tua kedua pelajar SD tersebut untuk lebih memperhatikan anak mereka, supaya hal serupa tidak akan terjadi.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Pasar Johar Masih Sepi, Pegadang Belum Berjualan

Minggu, 26 September 2021 | 18:20 WIB
X