RS Penuh Pasien Kasus Covid-19, Klaster Keluarga di Kasus Gedung Sate

- Senin, 7 Juni 2021 | 17:57 WIB
Meski dinyatakan negatif virus corona, namun mahasiswa asal Bantul tetap harus gunakan masker. (foto ilustrasi: istimewa)
Meski dinyatakan negatif virus corona, namun mahasiswa asal Bantul tetap harus gunakan masker. (foto ilustrasi: istimewa)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Satgas Penanganan Covid-19 Jabar menyatakan jumlah warga yang masuk rumah sakit akibat terpapar virus tersebut mengalami peningkatan. Banyak di antaranya ke rumah sakit dalam kondisi parah. 

"Kasusnya tak melonjak tapi keterangan dari daerah, kenapa kode merahnya tinggi, karena banyak yang masuk ke rumah sakit dalam keadaan buruk," tandas Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Jabar Daud Achmad dalam keterangannya, Senin (7/6).

Hal itu pun dipahami setelah merujuk kepada tingkat keterisian rumah sakit yang mencapai 49 persen. Padahal pekan sebelumnya, angkanya masih di kisaran 39 persen.

"Jadi naiknya 1-2 persen perhari, bisa dibayangkan," katanya.

Menurut dia, hal tersebut imbas dari mobilitas masyarakat pada saat moment Lebaran dan rangkaian hari libur setelahnya. Peningkatan tersebut sudah diprediksi merujuk moment serupa sebelumnya.

Sebagai antisipasi, pihaknya sudah memberikan arahan kepada kabupaten dan kota untuk menambah ruang perawatan. Seiring dengan itu, ketersediaan obat-obatan dan perlengkapan jadi atensi.

Hanya saja, langkah itu tak selamanya berlangsung mulus. Pasalnya, niatan untuk menambah ruang-ruang perawatan Covid-19 terkendala SDM penunjang sehingga tak bisa langsung dioperasikan.

Dia mencontohkan RSUD Al Ihsan. Pihaknya mesti berkoordinasi dengan PPNI, persatuan perawat untuk memastikan ada tenaga yang bisa dikerahkan untuk menangani kasus di wilayah Kabupaten Bandung.

"Al Ihsan punya kapasitas 150 ruangan, dan itu sudah penuh sehingga ada penambahan 40 kamar tapi terkendala SDM. Hari ini kita kerjasama dengan PPNI, ada 37 SDM, khusus untuk tambah kamar," katanya.

ASN Gedung Sate

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peradi Pemalang Luncurkan Pusat Bantuan Hukum Gratis

Minggu, 19 September 2021 | 18:02 WIB

Immune Booster Disalurkan ke Korban Banjir Lebak

Minggu, 19 September 2021 | 11:16 WIB

Membiasakan Hidup Bersama Covid-19

Minggu, 19 September 2021 | 00:34 WIB

Pandemi dan Keseimbangan Hidup

Minggu, 19 September 2021 | 00:21 WIB
X