Kemenag Sumut: Belum Ada Calon Jamaah Mengambil Dana Haji

Ant
- Senin, 7 Juni 2021 | 15:11 WIB
PENGARAHAN: Staf biro perjalanan ibadah Dewangga Lil Haj Wal Umroh memberikan pengarahan kepada calon jamaah haji  yang berangkat dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (suaramerdeka.com / dok)
PENGARAHAN: Staf biro perjalanan ibadah Dewangga Lil Haj Wal Umroh memberikan pengarahan kepada calon jamaah haji yang berangkat dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (suaramerdeka.com / dok)

SUMATERA UTARA, suaramerdeka.com - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara hingga saat ini belum mendapat informasi terkait jamaah dari daerah itu yang mengambil dana setoran haji. Terutama setelah pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan calon haji pada musim haji 2021.

Kepala Seksi Bina Haji Reguler dan Advokasi Bidang PHU Kanwil Kemenag Sumut Drs H Farhan Indra MA mengatakan kalaupun ada calon jamaah yang akan mengambil dana setoran haji, ada mekanismenya.

“Mereka akan mengambilnya di mana waktu menyetorkan dana haji tersebut,” ujar Farhan, seperti dikutip dari Antara.

Di area kerjanya, jumlah calon jamaah haji yang gagal berangkat ke Tanah Suci sebanyak 8.150 orang. Seluruhnya berasal dari kabupaten/kota yang ada di Sumut.

Baca Juga: Ada 12 Klaster Penyebaran Covid-19 di Semarang, Terbanyak Indeks Kasus dari Kudus

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan, karena masih masa pandemi dan menjaga keselamatan, pemerintah memutuskan tahun ini tidak memberangkatkan kembali jamaah haji.

Pembatalan pemberangkatan jamaah haji dituangkan dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 660/2021. Keputusan diambil setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti DPR, kementerian/lembaga, organisasi keagamaan, dan asosiasi travel.

Di sisi lain, pemerintah Arab Saudi hingga kini belum membuka akses haji bagi jemaah luar negeri termasuk Indonesia. Akibatnya, pemerintah tidak punya cukup waktu untuk menyiapkan pelayanan dan perlindungan bagi jamaah.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

OJK Fasilitasi Vaksinasi Industri Jasa Keuangan 

Kamis, 5 Agustus 2021 | 23:57 WIB

Pengendalian Covid-19 Butuh Kesadaran Individu

Kamis, 5 Agustus 2021 | 18:55 WIB

Bantuan untuk Pekerja Tidak Boleh Molor

Kamis, 5 Agustus 2021 | 12:34 WIB
X