Pilpres 2024, Ganjar Cenderung Aman, Anies dan RK Sudah Saatnya Tak Abu-abu

- Kamis, 18 November 2021 | 18:38 WIB
Diskusi "Road To Pilpres 2024: Survei, Konvensi, atau Jalan Lain" gelaran Indonesian Politics Research & Consulting di Bandung, Kamis (18/11). (sm/dok)
Diskusi "Road To Pilpres 2024: Survei, Konvensi, atau Jalan Lain" gelaran Indonesian Politics Research & Consulting di Bandung, Kamis (18/11). (sm/dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Pengamat politik Unpad, Muradi menyebut dua figur yang kerap disebut dalam survei, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil bisa-bisa gigit jari dalam Pilpres mendatang.

Di luar Anies dan RK, Guru Besar Unpad itu mengingatkan bahwa PDI Perjuangan cenderung sudah mempunyai jagoannya seperti Ganjar Pranowo dan Puan Maharani, Gerindra mengajukan Prabowo, Golkar mencalonkan Airlangga Hartarto, Demokrat yang mengusung Agus Harimurti Yudhoyono.

Baca Juga: Konsumsi Racun Katak, Mike Tyson Meninggal Beberapa Saat

Posisi mereka sebagai figur non-parpol bisa jadi bumerang mengingat sejumlah parpol sudah cenderung nyaman karena mempunyai figur kuat. Untuk itu, keduanya diminta menentukan sikap sebelum terlambat.

"Partai-partai itu sudah nyaman dengan figur-figurnya. Kemungkinan kesempatannya ada di medium seperti PKS, PAN, PPP hingga Nasdem.

Tapi di antara mereka pun tak kemungkinan tertarik dengan figur yang sudah ada seperti Ganjar. Belum lagi kemunculan figur-figur baru yang kemungkinan mulai muncul awal tahun depan," jelasnya.

Menurut dia, dalam menghadapi kontestasi Pilpres, tak bisa lagi, figur-figur seperti kedua kepala daerah itu, karena merasa di atas angin mendapat dukungan massa, berupaya tetap bertahan tak mau bergabung dengan parpol. Sudah begitu, mereka ingin tiketnya.

Baca Juga: Ormas Expo 2021: JPKP Dampingi Masyarakat Dapatkan Haknya

"Mereka perlu down to earth, jangan mengedepankan egosentris. Karena ingin maju saja tak cukup, tapi nilai sebagai daya tawar politik itu perlu, karena parpol memang menentukan, partai tentu tak mau dapat chasing Iphone jeroannya Samsung," katanya saat diskusi "Road To Pilpres 2024: Survei, Konvensi, atau Jalan Lain" gelaran Indonesian Politics Research & Consulting di Bandung, Kamis (18/11).

Figur-figur tersebut, dalam analisanya di antaranya berasal pula dari sesama kepala daerah yakni dari Sumatera dan Kalimantan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tagar Giring Trending di Twitter, Ini Penyebabnya

Kamis, 6 Januari 2022 | 22:28 WIB

Fokus di Kabinet, Airlangga Tak Akan Mundur

Sabtu, 1 Januari 2022 | 18:32 WIB

Hasto: PDIP Doakan Suksesnya Muktamar NU

Rabu, 22 Desember 2021 | 17:46 WIB

Hanura Jateng Targetkan Lolos Verifikasi Pemilu 2024

Rabu, 22 Desember 2021 | 17:32 WIB
X