Disiplin Prokes dalam Keseharian Harus Menjadi Kepedulian Bersama

- Senin, 7 Juni 2021 | 13:03 WIB
Disiplin Prokes. (covid-19.go.id) (Cun Cahya)
Disiplin Prokes. (covid-19.go.id) (Cun Cahya)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Salah satu pekerjaan rumah yang harus segera dituntaskan menghadapi pandemi Covid-19 oleh semua elemen bangsa adalah disiplin menjalankan protokol kesehatan (Prokes) dalam keseharian.

"Ledakan kasus positif Covid-19 di sejumlah daerah cermin dari belum tuntasnya kita mengerjakan salah satu tugas kita sebagai anak bangsa yaitu disiplin prokes di keseharian pada masa pandemi ini," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Minggu 6 Juni 2021.

Menurut Lestari, pelaksanaan prokes yang belum masif di tanah air ditengarai menjadi pangkal ledakan kasus positif Covid-19 di sejumlah daerah.

Baca Juga: Puan Maharani Disarankan Manfaatkan Momen Reses Jika Elektabilitas Ingin Naik

Ledakan kasus di Kudus, Jawa Tengah misalnya salah satu pemicunya adalah kegiatan ziarah keagamaan.

Hal itu mengkonfirmasi bahwa Prokes seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan, tidak dilaksanakan dengan baik.

Bukan hanya di Kudus, lanjut Lestari, di DKI Jakarta pun dalam beberapa pekan terakhir kerap mencatatkan jumlah penambahan kasus positif Covid-19 yang terbanyak di tanah air.

Baca Juga: Kunjungi Sriekandi Patra, Staf khusus Presiden Beri Semangat Para Difableprenuer Binaan Pertamina

Data Satgas Covid-19 per Sabtu, 5 Juni 2021, lima provinsi dengan penambahan kasus baru terbanyak yaitu di DKI Jakarta (1.317 kasus baru), Jawa Tengah (1.092 kasus baru), Jawa Barat (993 kasus baru), Riau (507 kasus baru) dan Sumatera Barat (467 kasus baru).

Lestari berpendapat, dengan adanya perkiraan lonjakan kasus yang akan terjadi akhir Juni 2021, seharusnya dibarengi pula dengan upaya yang masif untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam menjalankan Prokes.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X