Pasien Covid-19 Dievakuasi ke Donohudan

Red
- Senin, 7 Juni 2021 | 01:20 WIB
SM/Beni Dewa - PIMPIN RAKOR :Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo beserta Kepala BNPB Ganip Warsito memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Kudus, Minggu (6/6). (39) (b01m)
SM/Beni Dewa - PIMPIN RAKOR :Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo beserta Kepala BNPB Ganip Warsito memimpin rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Kudus, Minggu (6/6). (39) (b01m)

Pusat Kirim 50 Ribu Antigen ke Kudus

KUDUS -Ratusan warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah dan rusunawa Kudus dievakuasi ke asrama haji Donohudan untuk menjalani isolasi terpusat. Langkah itu menjadi salah satu upaya mempercepat penanganan Covid-19 sesuai arahan dari Kapolri serta Panglima TNI yang berkunjung ke Kudus kemarin.

Dari pantauan di lapangan, terlihat satu persatu kendaraan dinas TNI dan Polri serta mobil pribadi tampak datang ke halaman rusunawa. Sejumlah petugas kemudian mengantar para warga itu masuk.

Mas’ut, Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus yang juga Asisten 3 Pemkab Kudus mengatakan, pada Minggu (6/6) ini ditargetkan melakukan pengantaran sebanyak 90 warga yang menjalani isolasi mandiri ke Donohudan. ”Kalau untuk yang isolasi mandiri datanya ada kisaran 1.300-an.

Tapi tidak mungkin semua, akan dipilah yang menjalani isolasi mandiri kurang satu dua hari tidak menjadi prioritas. Yang menjadi prioritas adalah yang waktu isolasinya masih panjang,” ucapnya. Dirinya berharap para camat dapat mensosialisasikan ke warga agar usaha bersama ini bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang masih tinggi.

”Nantinya para kades akan dibantu TNI dan Polri akan melakukan pendataan. Terutama waktu isolasi yang telah dijalani,” terangnya. Sementara untuk aparatur sipil negara (ASN), akan mulai dievakuasi pada Senin (7/6) mendatang.

Pemkab secara resmi telah menyurati ke tiap organisasi perangkat daerah. ”Kalau untuk ASN yang terkonfirmasi positif ada 180-an. Tapi nanti kepala OPD juga akan melakukan pendalaman waktu pelaksanaan isolasi mandiri para ASN. Begitu pula untuk para tenaga kesehatan,” tambahnya.

Rencana evakuasi warga Kabupaten Kudus yang menjalani isolasi mandiri ke Donohudan disampaikan Bupati Kudus Hartopo seusai rapat koordinasi dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kepala BNPB Ganip Warsito, Minggu (6/6). Turut serta dalam rakor tersebut Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, dan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto.

Bupati Kudus Hartopo mengatakan, arahan diberikan agar penanganan Covid-19 bisa lebih efektif. Bupati juga mendapatkan pesan atau instruksi khusus penanganan warga yang terkonfirmasi positif dan melakukan isolasi mandiri. ”Untuk isolasi mandiri yang di rumah akan segera dievakuasi untuk isolasi terpusat. Tidak boleh isolasi di rumah, rencana di Donohudan, Boyolali (asrama haji-Red),” ucapnya.

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Terkini

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X