Mochtar Kusumaatmadja dalam Kenangan: Kontribusinya jadi Teladan bagi Indonesia

Ant
- Minggu, 6 Juni 2021 | 20:01 WIB
Mochtar Kusumaatmadja /Foto: Jurnal Medan-Pikiran Rakyat
Mochtar Kusumaatmadja /Foto: Jurnal Medan-Pikiran Rakyat

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pengabdian dan kontribusi mendiang mantan Menteri Luar Negeri Mochtar Kusumaatmadja, memberi keteladanan bagi bangsa Indonesia.

“Selama hidupnya almarhum telah mengabdikan dirinya untuk nusa dan bangsa,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar melalui keterangan tertulisnya, Minggu, seperti dikutip dari Antara.

Mochtar dikenang sebagai tokoh yang memiliki karir cemerlang dalam pemerintahan, maupun sebagai ilmuwan, pendidik, dan negarawan.

Mochtar pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri (1978-1988) dan Menteri Kehakiman (1974-1978). Pria kelahiran 17 Februari 1929 di Batavia itu juga merupakan Guru Besar Hukum di Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga: Banyak Artis Beli Klub Sepakbola, Stakeholder Olahraga Perlu Pembenahan

“Beliau juga dikenal sebagai pakar hukum internasional dengan reputasi dunia,” kata Mahendra.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Mochtar lah yang menyusun konsep Negara Kepulauan yang diformulasikan dalam Deklarasi Djuanda 1957, dan pada akhirnya memperoleh pengakuan internasional dengan diterimanya konsep Negara Kepulauan dalam Konvensi Hukum Laut 1982.

Mochtar Kusumaatmadja juga merupakan orang Indonesia pertama yang terpilih sebagai Anggota Komisi Hukum Internasional dan pemegang Bintang Maha Putra Adipradana.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Kudus, Kapolri dan Panglima TNI Minta Semua Pihak Turun Tangan

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liga Italia Pekan 23: Waktunya AC Milan Vs Juventus

Sabtu, 22 Januari 2022 | 06:26 WIB
X