Mendagri Harap Mall Pelayanan Publik di Banyuwangi Jadi Percontohan bagi Daerah Lain

- Minggu, 6 Juni 2021 | 15:27 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. Foto: Kemendagri
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian. Foto: Kemendagri

BANYUWANGI, suaramerdeka.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian berharap Mall Pelayanan Publik (MPP) di Banyuwangi bisa menjadi contoh inovasi bagi daerah lain.

Mendagri juga berharap daerah lain memiliki dinas khusus yang melayani Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), seperti Mall Pelayanan Publik (MPP) di Banyuwangi.

Selain PTSP, ditambah juga dengan Dinas Penanaman Modal (DPM) yang dapat mempermudah pelayanan berinvestasi sehingga mendongkrak perekonomian masyarakat.

"Belum semua kabupaten/kota, bahkan ada provinsi yang belum memiliki dinas tersendiri untuk itu," ujar Mendagri dalam keterangan resminya saat mengunjungi Mall Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, belum lama ini.

Baca Juga: Pemprov DKI Akan Uji Coba Jalur Sepeda Road Bike Sudirman-Thamrin Mulai 7 Juni

Menurut Mendagri, keberadaan unit ini sangat penting karena bertugas untuk mengintegrasikan sejumlah layanan menjadi satu, di bawah satu atap layanan publik berbentuk mall.

Adapun MPP di Banyuwangi menyediakan 237 jenis layanan publik yang terintegrasi, di antaranya 10 unit layanan dari Pemerintah Kabupaten dan 14 unit dari instansi vertikal.

"Jadi masalah kepengurusan KTP, IMB, paspor dan lain-lain sudah lengkap di sini", ujar Mendagri.

Tidak hanya itu, MPP di Banyuwangi juga sudah menjalankan sistem aplikasi online OSS (One Single Submission) untuk memudahkan birokrasi masyarakat yang ingin berinvestasi.

Baca Juga: Mencegah Overheating di Smartphone, Simak Tipsnya

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X