Pemprov DKI Akan Uji Coba Jalur Sepeda Road Bike Sudirman-Thamrin Mulai 7 Juni

- Minggu, 6 Juni 2021 | 14:44 WIB
Ilustrasi jalur sepeda. Foto: Ist
Ilustrasi jalur sepeda. Foto: Ist

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan uji coba jalur sepeda khusus road bike di Sudirman-Thamrin Jakarta, besok Senin, 7 Juni 2021.

Untuk mengamankan kegiatan tersebut, Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya akan mempertebal pengamanan dengan membagi dua tim personil.

"Kemudian pada tiap hari kami melakukan tindakan preventif, melakukan penebalan di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin," kata Rusdy Pramana, seperti dikutip suaramerdeka.com dari pikiran-rakyat.com, Minggu 6 Juni 2021.

Baca Juga: Mantan Menlu Mochtar Kusumaatmadja Meninggal Dunia, Pemakaman Sore Ini di TMP Kalibata

Wakil Direktur Lalu Lintas AKBP Rusdy Pramana mengatakan, pada dasarnya, selain berpatroli, para anggotanya juga ditugaskan untuk menggiring para pesepeda non-road bike agar masuk ke jalur sepeda permanen yang sudah disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Kami akan membicarakan teknis atau sop penegakan hukum bagi pengendara tidak bermotor yang tidak pada jalurnya," kata dia.

Rusdy menambahkan, saat ini pihaknya masih terus menggodok penegakkan hukum bagi pengguna sepeda yang keluar jalur.

Baca Juga: Resmikan Patung Bung Karno di Kemenhan, Megawati Pesan Prajurit TNI Tak Lupakan Strategi Perang Gerilya

"Untuk undang-undang sudah diatur. Di pasal 112, UU Lalu Lintas tentang Angkutan Jalan (LLAJ) dan penegakan hukumnya di pasal 299. Ancaman hukumannya kurungan paling lama 15 hari dengan denda maksimal 100 ribu. Cuma sekarang tinggal teknisnya," tutur dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pelaksanaan uji coba untuk pengguna jalur sepeda road bike di Jalan Sudirman-Thamrin akan dilakukan pada pukul 5.00 WIB-6.30 WIB yang akan berlangsung selama sepekan.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LRT Kecelakaan di Cibubur, Diduga Human Error

Senin, 25 Oktober 2021 | 20:52 WIB
X