Bulan Bung Karno, Pengurus PDI Perjuangan Jawa Barat Ziarah ke Makam Marhaen

- Minggu, 6 Juni 2021 | 08:00 WIB
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono. (suaramerdeka.com / dok)
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono. (suaramerdeka.com / dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com  - Dalam rangkaian kegiatan di Bulan Bung Karno, jajaran pengurus DPD PDI Perjuangan Jawa Barat diiringi para kader berziarah ke makam Ki Marhaen Kampung Cipagalo, Kelurahan Mengger, Kecamatan Bandung Kidul, Kota Bandung, Sabtu (5/6).

Marhaen merupakan seorang petani penggarap yang menginspirasi pemikiran Soekarno. 

"Marhaen, sosok yang tidak lepas dari sejarah perjuangan Bung Karno dalam memerdekakan bangsa ini. Marhaen menjadi inspirasi ideologi Marhaenisme, ajaran yang memiliki kekhasan yang ada di Indonesia dan tak ada di negara lain," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono saat memimpin kegiatan tersebut seperti dalam keterangan yang diterima.

Baca Juga: Pasien Sembuh dari Covid-19 Sudah Tembus Lebih dari 1,7 Orang

Dijelaskan, Marhaen menjadi sebuah penyemangat bagi sang proklamator dalam memperjuangkan Indonesia keluar dari penjajahan sehingga bisa merdeka pada 17 Agustus 1945. 

Dengan nilai dan semangat itu, melalui kegiatan tersebut ditujukan pula sebagai penegasan bahwa mereka sebagai kader partai yang juga memperjuangkan pemikiran Marhaen tak ingin disebut melupakan sejarah.

"Intinya kami PDI Perjuangan mengenal jas merah, jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah. Selain peringatan Bulan Bung Karno yang dilaksanakan sepanjang bulan Juni ini. Kami berharap agar siapapun yang telah berjasa di bumi Indonesia ini, wabil khusus Bung Karno akah selalu menjadi inspirasi," katanya.

Baca Juga: Sukabumi Dilanda Gempa Bumi 4,8 SR, 8 Wilayah Rasakan Guncangan

Hanya saja, di tengah semangat jas merah itu, Ono yang juga Anggota Komisi IV DPR RI ini menyoroti kondisi makam Marhaen yang seperti tak terurus.

Padahal keberadaan situs sejarah itu sudah ditetapkan menjadi salah satu bangunan cagar budaya. Untuk itu dia berharap Pemda setempat bisa memberikan atensi.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Munas Alim Ulama, PPP Jajaki Dukungan Capres

Senin, 18 Oktober 2021 | 17:10 WIB

Saatnya, Kawasan Selatan Jabar Jadi Sasaran Menawan

Senin, 18 Oktober 2021 | 15:32 WIB
X