Cahaya Misterius Tertangkap Kamera CCTV Gunung Raung, LAPAN Duga Meteor Besar

OKZ
- Sabtu, 5 Juni 2021 | 15:27 WIB
Visual Gunung Raung/PVMBG Gunung Raung
Visual Gunung Raung/PVMBG Gunung Raung

BANYUWANGI, suaramerdeka.com - Sebuah cahaya misterius tertangkap kamera pengawas CCTV Gunung Raung. Diduga cahaya itu merupakan benda luar angkasa.

Kepala Lapan Thomas Jalaluddin membenarka, cahaya misterius itu memang tertangkap kera dan citra satelit Himawari sekitar pukul 19.50 WIB. Pihaknya menduga cahaya misterius ini merupakan benda meteor yang jatuh dari luar angkasa.

"Analisis saya, berdasarkan citra CCTV, tampaknya itu adalah meteor besar yang menerangi awan di dekatnya. Arah datang meteor di medan pandang CCTV adalah dari arah bawah, artinya lintasannya mengarah posisi CCTV," ujar Thomas, Sabtu pagi (5/6/2021), seperti dilansir dari Okezone.

Baca Juga: Tekankan Aturan Prokes 3M, Wiku Imbau Mengganti Masker Tiap 6 Jam Sekali

Benda yang diduga kuat adalah meteor ini hanya melintasi Gunung Raung. Dari sanalah meteor ini akhirnya tertangkap citra satelit Himawari, lantaran meteor menerangi awan rendah.

"Dari citra satelit Himawari, meteor menerangi awan rendah (sekitar 6 km) yang tidak tampak pada citra awan tinggi (di atas 10 km) yang memantulkan cahaya matahari yang belum lama terbenam. Gelombang kejut yang tampaknya berkaitan dengan laporan suara dentuman," tuturnya.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dukung Kebijakan Pemkab Kudus Terapkan 2 Hari di Rumah Saja

Sebelumya diberitakan, sebuah cahaya misterius terekam kamera CCTV pengawas di Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung pada Jumat malam 4 Juni 2021, sekitar pukul 19.51 WIB. Tangkapan layar adanya cahaya misterius ini pun viral beredar di media sosial.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Heboh! Ledakan Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar

Kamis, 8 Desember 2022 | 16:55 WIB
X