Moeldoko Minta Warga Kudus Tunda Kegiatan Ziarah

- Jumat, 4 Juni 2021 | 22:35 WIB
KSP Moeldoko. /Instagram/@dr_moeldoko
KSP Moeldoko. /Instagram/@dr_moeldoko

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menyoroti lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus, Provinsi Jawa Tengah. Dia meminta di daerah yang menunjukkan tren kenaikan angka kasus positif secara signifikan, dapat menjadi pelajaran bersama bahwa corona masih ada dan masih berbahaya.

“Kita tidak boleh abai. Jangan sampai terjadi di daerah lain, kita harus tetap disiplin protokol kesehatan,” kata Moeldoko, Jumat (4/6).

Moeldoko memastikan, pemerintah bergerak sigap mengatasi perkembangan situasi. Bahkan kata Moeldoko, Presiden Jokowi telah memerintahkan seluruh menteri, Satgas Covid-19 dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk mengantisipasi kondisi di Kabupeten Kudus yang mulai kewalahan menampung pasien.

Baca Juga: Peletakan Batu Pertama Pembangunan Ponpes Roudtlotuttamyiz Dihadiri Wagub Jateng

Kementerian Kesehatan juga telah memeriksa sampel Covid 19 di wilayah itu untuk dideteksi apakah penularan di wilayah itu akibat mutasi baru.

KSP, menurut Moeldoko, tetap melakukan monitoring atas perkembangan pandemi Covid di seluruh daerah pasca libur lebaran, juga maraknya kerumunan di Kawasan wisata. Termasuk juga munculnya kerumunan di banyak hajatan. Dari hasil monitoring ditemukan fenomena bagaimana masyarakat tidak cukup disiplin menjaga protokol kesehatan.

Baca Juga: Istiqamah dan Kebahagiaan Berkeluarga

“Sekali lagi, kita harus belajar apa yang terjadi di Kudus untuk tetap disiplin menjaga protokol kesehatan. Apa yang terjadi di Kudus bisa terjadi di banyak tempat di Indonesia jika masyarakat tidak disiplin menjaga protokol kesehatan, tetap 3 T dan 3 M,” jelas Moeldoko.

Moeldoko juga mengingatkan, upaya mengendalikan Covid hanya akan berhasil jika pemerintah pusat, daerah, media  dan masyarakat bersama-sama menjaga disiplin protokol kesehatan, dan menghindari kerumunan.

“Semaksimal mungkin dilakukan massif di wilayah yang dikenal zona merah seperti Kudus,” imbuh Moeldoko.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Pintu Nasdem Terbuka Lebar untuk Ridwan Kamil

Jumat, 3 Desember 2021 | 14:36 WIB

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X