Hari Lingkungan Hidup Sedunia, UNDP Serukan Kaum Muda Ambil Peran Lebih Besar dalam Transisi Energi Bersih

- Jumat, 4 Juni 2021 | 19:50 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemuda Indonesia memegang kunci untuk mendorong aksi nasional untuk mengadopsi gaya hidup hijau bebas emisi, dengan cara-cara inovatif untuk mengurangi emisi gas rumah kaca.

Pernyataan itu disampaikan para ahli dan influencer muda dalam webinar yang diselenggarakan Program Pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNDP) menandai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Berjudul "Hemat Energi, Tetap Ramah Lingkungan" acara virtual ini menghadirkan pembicara kunci dari pemerintah, pengusaha muda dan aktivis lingkungan.

Proyek Transformasi Pasar untuk Energi Terbarukan dan Efisiensi Energi (MTRE3) UNDP menyelenggarakan acara tersebut bekerja sama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Baca Juga: Update Corona 4 Juni 2021: Bertambah 6.486, Kasus Baru Positif Covid-19 Mencapai 1.843.612

Deputy Resident Representative UNDP Indonesia, Sophie Kemkhadze mengatakan, go green adalah satu-satunya jalan ke depan bagi Indonesia dan generasi mudanya.

"Hilanglah sudah hari-hari untuk penggunaan bahan bakar dan energi fosil. Sebaliknya, kita merangkul era baru inovasi di mana kita bertransisi ke tingkat emisi nol, dan konsumsi energi terbarukan. Pergeseran ini merupakan bagian dari tanggung jawab kita untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs di Indonesia," kata Kemkhadze dalam kata sambutannya.

"Kita membutuhkan lebih banyak aksi, terutama di lapangan, dan dari orang-orang muda seperti Anda, untuk bertindak," tambahnya, dalam keterangan resminya yang diterima suaramerdeka.com Jum’at.

Baca Juga: Ribuan Pegawai KAI Daop 6 Yogyakarta Ikuti Vaksinasi

Indonesia sebagai ekonomi dan konsumen energi terbesar di Asia Tenggara saat ini berada di peringkat ke-71 dari 115 negara dalam Indeks Transisi Energi (ETI) 2021.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X