Awali Kunjungan Kerja Sumba, Menteri Suharso Tinjau Bendungan Kambaniru Hingga Food Estate Sumba Tengah

- Jumat, 4 Juni 2021 | 18:35 WIB
Foto: suaramerdeka.com/Dok
Foto: suaramerdeka.com/Dok

SUMBA, suaramerdeka.com - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memulai Kunjungan Kerja ke Sumba, Nusa Tenggara Timur dengan mengunjungi Bendungan Kambaniru di Sumba Timur, Jumat (4/6).

Bencana banjir yang terjadi April 2021 lalu mengakibatkan kerusakan yang berujung pada putusnya as bendung sisi kanan sepanjang 80 m serta rusaknya area hilir Sungai Kambaniru, baik permukiman penduduk dan fasilitas umum.

Kerusakan ini mengakibatkan saluran irigasi tidak bisa mengalirkan air ke daerah irigasi seluas 1.400 hektare.

Kebutuhan rehabilitasi Bendungan Kambaniru mencapai 90 miliar rupiah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021 sebesar 67,5 miliar rupiah dan APBN 2022 sebesar 22,5 miliar rupiah.

Baca Juga: Semua Penumpang yang Mengikuti Penerbangan Telah Dinyatakan Sehat dan Terverifikasi

"Penanganan Bersifat darurat dengan merencanakan tanggul di hulu sungai sejauh 300 meter dari as sungai dengan menggunakan beronjong, dengan tujuan mengalirkan air ke intake existing dengan saluran pengalih sehingga air mengalir kembali ke saluran irigasi," ujar Menteri Suharso dalam keterangan resminya yang diterima suaramerdeka.com, Jum’at 4 Juni 2021.

Dari Bendungan Kambaniru, Menteri Suharso mengunjungi Universitas Kristen Wira Wacana Sumba di Prailiu, Sumba Timur. Audiensi tersebut membahas sejumlah topik penting, meliputi pengembangan teknologi, energi baru dan terbarukan, produksi daging di Sumba, hingga pentingnya ekologi sabana.

"Kurikulum yang membahas segala keunggulan, segala potensi Sumba, itu menjadi spesifik yang harus kita kembangkan, misalnya ada program studi ekologi. Sekolah itu, kuliah itu, akan sukses, berhasil, kalau apa yang kita dapatkan di sekolah, bisa kita tumpahkan dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kemudian mendorong kita menjadi produktif dan membuat orang di sekitar kita merasa manfaat, sama-sama kita membangun Indonesia," imbuh Menteri Suharso.

Baca Juga: WVI-LaporCovid-19: Informasi Vaksinasi COVID-19 Belum Diterima Masyarakat secara Utuh

Menteri Suharso melanjutkan kunjungan kerja ke Embung Loku Jangi yang menjadi salah satu sumber pengairan Food Estate/Kawasan Sentra Produksi Pangan (FE/KSPP) Sumba Tengah.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X