Batal Haji, Dana Haji Bisa Diambil Melalui Tiga Pilihan

- Jumat, 4 Juni 2021 | 15:22 WIB
Kakanwil Kemenag Jateng, Musta'in Ahmad. Foto: Kemenag
Kakanwil Kemenag Jateng, Musta'in Ahmad. Foto: Kemenag

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Indonesia tahun 2021 kembali tidak memberangkatkan jamaah haji seperti tahun lalu akibat masih pandemi Covid-19.

Bagi calon jamaah haji yang tertunda di tahun ini juga bisa mengambil dana hajinya.

Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah Musta’in Ahmad menjelaskan, dana haji yang sudah disetorkan akan aman di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Musta’in menjelaskan, dana haji itu bisa diambil melalui 3 pilihan. Pertama membiarkan dana tidak diambil dan dikelola oleh BPKH yang nanti manfaatnya diterima jamaah yang bersangkutan.

Baca Juga: Pimnas PPI Dukung Penguatan Pertahanan Negara dengan Penyediaan Alutsista

"Kedua dana pelunasan boleh diambil dan tahun tahun depan masih dapat kuota dan harus melunasi lagi di 2022. Lalu ketiga diambil semua pelunasan dan dana setoran awal. Kalau ini dilakukan nomor porsi akan hilang dan jika akan mendaftar lagi akan kembali ke antrian awal, "jelasnya, di Semarang, Jumat 4 Juni 2021.

Dengan tidak adanya pemberangkatan haji, daftar tunggu haji di Jawa Tengah tentu akan bertambah lama. Jika mendaftar hari ini akan mendapatkan perkiraan berangkat 29 tahun.

Musta’in menuturkan di 2020 calon jamaah haji yang tertunda berangkat tidak ada yang mengambil semua. Sedangkan yang mengambil dana pelunasan ada 297 jamaah.

"Untuk tahun ini belum diketahui karena masih baru saja pengumuman pembatalan," ungkapnya.

Baca Juga: Batal Haji, Kemenag Jateng Gandeng Penyuluh Sosialisasikan dan Dampingi Calon Jamaah

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X