Sekjen PBNU: Dalam Keadaan darurat, Ibadah Haji Boleh Ditunda

OKZ
- Kamis, 3 Juni 2021 | 21:10 WIB
Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini. Foto: NU Online
Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini. Foto: NU Online

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah resmi tak memberangkatkan jamaah haji tahun ini. Keputusan berat itu diambil setelah melihat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini mengatakan, pelaksanaan ibadah haji dapat ditunda jika dalam kondisi darurat.

“Mengerjakan melaksanakan ibadah haji itu adalah kewajiban bagi manusia kepada Allah. Kepada mereka yang mampu untuk melaksanakan perjalanan. Nah sekarang kita semua tau bukan hanya di Indonesia bahkan di lebih dari 215 negara ini mengalami pandemi global yaitu dengan mewabahnya virus Covid-19,” ujar Helmy di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis, 3 Juni 2021.

Oleh karena itu, dia meminta kepada masyarakat yang ingin beribadah haji agar bersabar dan terus berdoa. Menurutnya, dengan ditundanya keberangkatan haji maka tidak mengurangi makna niat nawaitu untuk melaksanakan ibadah.

Baca Juga: Dubes Arab Saudi Hargai Keputusan Pemerintah Indonesia Tak Berangkatkan Haji 2021

"Ibadah haji itu bagian dari maqhasiduas-syariah, menjaga agama tetapi beribadah dalam keadaan darurat bisa ditunda. Shalat Jumat saja kalau hujan bisa ditunda, kalau hujannya deras sekali,” sambungnya.

Pihaknya juga telah menyampaikan dukungan kepada pemerintah. Ia meyakini menteri agama telah melakukan upaya maksimal untuk melakukan lobi, diplomasi melalui jalur formal maupun para ulama untuk bisa memberangkatkan calon jamaah haji.

"Tetapi kita semua tahu bahkan sekarang sudah mulai mewabah virus mutasi India yang sangat mengerikan itu maka marilah kita ikut samina wa ato'nah dengan keputusan yang diambil pemerintah pasti ini sesuatu yang terbaik untuk kita semua," tandasnya.

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Murni Korsleting, Kebakaran Muncul dari Jam Digital

Selasa, 21 September 2021 | 10:24 WIB

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Dibentuk

Selasa, 21 September 2021 | 01:06 WIB

Bank Dunia Puji Vaksinasi Indonesia

Selasa, 21 September 2021 | 00:47 WIB

Apakah Uang bukan Sumber Kebahagiaan? Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 23:21 WIB

PKL Malioboro Terima Bansos Sembako

Senin, 20 September 2021 | 20:43 WIB
X