Rilis Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran, Menag Sebut PTM Opsi Paling Efektif di Tengah Pandemi

- Kamis, 3 Juni 2021 | 17:05 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Kemenag
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Kemenag

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Agama (Kemenag) bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud ristek) merilis Panduan Penyelenggaraan PTM terbatas.

Panduan tersebut untuk mendukung upaya pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (PAUDDIKDASMEN) di Masa Pandemi Covid-19.

Panduan ini dihadirkan sebagai upaya menerjemahkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang diterbitkan Maret 2021.

Baca Juga: Indonesia Memiliki Potensi Besar Kuasai Pasar Halal Dunia

Dalam SKB yang ditandatangani 4 menteri disebutkan bahwa pemerintah pusat, pemerintah daerah, kanwil, atau kantor Kemenag mewajibkan satuan pendidikan yang para guru dan tenaga pendidiknya sudah divaksinasi secara lengkap untuk segera menyediakan layanan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas.

Dalam menyepakati kebijakan tersebut, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas atau akrab disapa Gus Yaqut menyambut baik hadirnya panduan tersebut.

Menag Gus Yaqut menyebutkan, akibat pandemi sejak Maret 2020, satuan pendidikan ditutup. Bahkan, lebih dari 10 juta siswa di bawah binaan Kementerian Agama terpaksa harus melaksanakan Belajar Dari Rumah (BDR) dengan segala keterbatasan yang ada.

Baca Juga: Inflasi Jateng Mei 2021 Sebesar 0,17 persen

Karenanya, panduan ini menjadi solusi dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi covid-19. Sebabnya, menurut Menag Gus Yaqut, saat ini PTM merupakan pilihan paling efektif.

“Kita harus akui ternyata untuk saat ini opsi Pembelajaran Tatap Muka di kelas masih menjadi pilihan yang paling efektif,” tutur Menag Yaqut, Rabu, 2 Juni 2021.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Umrah Segera Dibuka, Simak Syaratnya Saat Pandemi

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 07:15 WIB
X