Gagal Haji, Pemerintah Akan Fokus Penguatan Diplomasi Haji 2022

- Kamis, 3 Juni 2021 | 17:11 WIB
Anggota Komisi VIII DPR Maman Immanulhaq di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (3/6). (suaramerdeka.com/dok)
Anggota Komisi VIII DPR Maman Immanulhaq di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (3/6). (suaramerdeka.com/dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - DPR RI dan Menteri Agama sepakat agar mengumumkan bahwa tidak bisa menyelenggarakan ibadah haji pada tahun 2021. Selain itu, lebih fokus untuk pelaksanaan tahun 2022 dengan menguatkan kembali diplomasi haji.

"Hal itu supaya kuota kita bertambah. Kemungkinan tahun depan kalau tidak salah ada dua kali berangkat, karena tahun masehinya memang satu, tapi tahun hijriyahnya ada dua," kata anggota Komisi VIII DPR Maman Immanulhaq di Media Center DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (3/6).

Hal tersebut disampaikannya dalam diskusi Dialektika Demokrasi bertema 'Nasib Jamaah Haji Indonesia.' Menurutnya, keputusan yang diambil berat, namun harus diambil.

Baca Juga: AS Umumkan akan Distribusi 80 Juta Vaksin ke Negara Lain

"DPR beserta seluruh ormas-ormas dan tentu pemerintah akan melakukan sosialisasi. Bahwa pembatalan ini - atau tidak jadinya kita pemberangkatan selama dua tahun berturut-turut - semata-mata hanya untuk keselamatan dari masyarakat jamaah juga," ujarnya.

Dikatakan, semua pihak harus memahami bahwa kebijakan otoritas Arab Saudi juga menjadi hal yang harus dihormati. Karena, jangan sampai klaster Covid-19 muncul dari perayaan keagamaan, seperti yang terjadi di India.

Baca Juga: Naik BRT Trans Semarang Setiap Selasa Cukup Tukarkan Wadah Air Mineral

"Kita juga tahu bahwa ada standar tinggi yang diterapkan oleh Arab Saudi. Sehingga, agak sulit bila jamaah kita berangkat dengan jumlah berapapun," tandasnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu mengaku memahami apa yang diputuskan oleh pemerintah. Pihaknya juga akan menyosialisasikan keputusan tersebut.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Minta Jaga Kelestarian Penyu

Jumat, 24 September 2021 | 01:20 WIB

PTM Tak Akan Disetop

Jumat, 24 September 2021 | 01:10 WIB

Membudidayakan Klanceng agar Sejahtera

Jumat, 24 September 2021 | 01:00 WIB

Jokowi Tidak Ingin Ada Konflik Agraria di Banyak Daerah

Kamis, 23 September 2021 | 13:20 WIB
X