Strategi Jemput Bola Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Harus Digencarkan

- Kamis, 3 Juni 2021 | 16:24 WIB
Vaksinasi Lansia (Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenkes RI)
Vaksinasi Lansia (Foto :suaramerdeka.com /dokumentasi Kemenkes RI)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Strategi jemput bola dalam vaksinasi Covid-19 para lanjut usia (lansia) harus digencarkan untuk menekan potensi terpapar virus Corona pada kelompok rentan itu.

Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan cenderung meningkatnya kasus positif Covid-19 pada lansia bisa jadi dipengaruhi berbagai faktor, seperti antara lain belum terbentuknya kesadaran menjalankan protokol kesehatan di lingkungannya.

Lalu dampak terjadinya pergerakan orang antar wilayah pada periode Lebaran atau mulai gencarnya test Covid-19 di sejumlah daerah sehingga banyak kasus positif Covid-19 terungkap.

Baca Juga: Langgar Pasal 14 ayat 1, Habib Rizieq Shihab Dituntut 6 Tahun Berdasar 26 Barang Bukti

"Kelompok rentan seperti lansia harus mendapat perhatian khusus dalam vaksinasi Covid-19. Apalagi pasca-Lebaran tahun ini ada kecenderungan peningkatan positif di kalangan lansia," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis 3 Juni 2021.

Dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (3/6), Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, melaporkan kasus penularan Covid-19 pada kelompok lanjut usia (lansia) mengalami kecenderungan peningkatan usai libur Lebaran 2021.

Menurut Lestari disamping upaya peningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, para pemangku kepentingan harus segera melakukan jemput bola untuk mempercepat kelompok lansia mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Klaster SMAN 4 Pekalongan Dipastikan Bukan Karena PTM

Data dari laman www.vaksin.kemkes.go.id, per Rabu (2/6) tercatat dari sasaran vaksinasi untuk lansia sebanyak 21,55 juta orang, baru sebanyak 3,38 juta orang lansia telah divaksinasi dosis pertama dan 2,22 juta lansia disuntik vaksin Covid-19 dosis kedua.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X