BREAKING NEWS: Pemerintah Resmi Batalkan Ibadah Haji 2021, Ini Penjelasan Menag

- Kamis, 3 Juni 2021 | 14:28 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (suaramerdeka.com / dok)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Agama (Kemenag) memastikan bahwa Pemerintah tidak akan memberangkatkan jamaah haji Indonesia tahun ini.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, di tengah pandemi Corona Virus Disease-19 (Covid-19) yang malanda dunia, kesehatan, dan keselamatan jiwa jamaah lebih utama dan harus dikedepankan.

“Karena masih pandemi dan demi keselamatan jamaah, Pemerintah memutuskan bahwa tahun ini tidak memberangkatkan kembali jamaah haji Indonesia,” tegas Menag dalam konferensi persnya di Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga: Habib Rizieq Dituntut Penjara 6 Tahun Kasus RS Ummi Bogor

Menag mengumumkan hal tersebut melalui Surat Keputusan (SK) Menag No.660 tahun 1442 H/2021 M tentang pembatalan keberangkatan ibadah haji tahun 2021 M.

Menag menegaskan, keputusan ini sudah melalui kajian mendalam. Kemenag sudah melakukan pembahasan dengan Komisi VIII DPR pada 2 Juni 2021.

Mencermati keselamatan jamaah haji, aspek teknis persiapan, dan kebijakan yang diambil oleh otoritas pemerintah Arab Saudi, Komisi VIII DPR dalam simpulan raker tersebut juga menyampaikan menghormati keputusan yang akan diambil Pemerintah.

Baca Juga: Polres Magelang Gelar Vaksinasi Gratis bagi Masyarakat

"Komisi VIII DPR dan Kemenag, bersama stake holder lainnya akan bersinergi untuk melakukan sosialisasi dan komunikasi publik yang baik dan masif mengenai kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji 1442 H/2021 M," ujar Menag.

Kemenag, jelas Gus Yaqut, juga telah melakukan serangkaian kajian bersama Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, dan lembaga terkait lainnya.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: kemenag

Artikel Terkait

Terkini

Peringati HSN, Ini Bunyi Ikrar Santri Indonesia

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:16 WIB

Simak Filosofi Tema dan Logo Hari Santri Nasional 2021

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:28 WIB
X