Terowongan Istiqlal-Katedral Ditarget Selesai Agustus, Dibangun dengan Metode Khusus

- Kamis, 3 Juni 2021 | 09:36 WIB
Terowongan Silaturahmi yang menyambungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. (suaramerdeka.com / dok)
Terowongan Silaturahmi yang menyambungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah menyelesaikan pembangunan Terowongan Silaturahmi yang menyambungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut progres terowongan yang menjadi ikon toleransi antarumat beragama progres sudah tercapai 61 persen dan ditargetkan rampung pada 17 Agustus 2021.

Selain iitu, pembangunan terowongan ini berfungsi memudahkan akses jamaah antar bangunan rumah ibadah untuk memenuhi kebutuhan ruang parkir tanpa mengganggu arus lalu lintas saat ini.

Baca Juga: Tiga Pejabat Eselon II Sekretariat Kabinet Dilantik dan Diambil Sumpah Jabatan

Basuki menjelasakan jembatan penghubung antara dua rumah ibadah ini sebenarnya bisa menggunakan jembatan penyeberangan, tetapi karena faktor keamanan dan keselamatan desain yang dipilih adalah terowongan bawah tanah.

"Ada tiga alternatif sebetulnya bisa jembatan penyeberangan, tapi kan terlalu curam, atau dengan yang lain, kita pilih terowongan yang lebih aman," kata Basuki.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti menambahkan desain jembatan selalu memperhatikan keselamatan selama masa konstruksi, terlebih pembangunan terowongan silaturahmi ini berdekatan dengan Masjid Istiqlal dan Gereja Katederal yang merupakan bangunan cagar budaya.

Baca Juga: Desak Segerakan Sekolah Tatap Muka, Nadiem: Tidak ada Tawar-menawar

Dalam pembangunannya, persyaratan teknis keandalan bangunan yang meliputi aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan tetap menjadi prioritas. 

Pembangunan terowongan juga menggunakan metode khusus mengingat kedua bangunan merupakan cagar budaya yang memerlukan perlindungan optimal.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X