Revitalisasi KUA, Perbaiki Performa Tidak Sulitkan Masyarakat

- Rabu, 2 Juni 2021 | 19:28 WIB
Wamenag Zainut Tauhid Saadi
Wamenag Zainut Tauhid Saadi

SIDOARJO, suaramerdeka.com - Revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA) merupakan salah satu program prioritas Kementerian Agama.

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Saadi mengatakan bahwa program ini menjadi bagian dari ikhtiar Kemenag dalam penguatan moderasi beragama.

"KUA akan menjadi rumah penguatan moderasi beragama. KUa merupakan teras depan Kemenag dalam pelayanan urusan keagamaan di masyarakat. KUA harus memiliki performa yang baik, ramah dan tidak menyulitkan masyarakat," terang Zainut Tauhid Sa'adi saat mengunjungi salah satu KUA Model di Sidoarjo, Jawa Timur, Senin, (31/5/2021).

Hadir mendampingi Wamenag, Plt. Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur Nurul Huda dan Kepala Kankemenag Sidoarjo Amir Sholehuddin.

"Ke depan, KUA tidak hanya sebagai tempat untuk proses pencatatan pernikahan saja tetapi harus menjadi tempat untuk pembinaan keagamaan dan penyemaian praktik kehidupan moderasi beragama masyarakat," sambungnya.

Baca Juga: Monumen Perjuangan Jenderal Soedirman Penggugah Semangat Generasi Muda

Wamenag menyampaikan, setidaknya ada empat tujuan strategis dari revitalisasi KUA, yaitu: meningkatkan kualitas umat beragama, memperkuat peran KUA dalam mengelola kehidupan keberagamaan, memperkuat program dan layanan keagamaan, dan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan KUA sebagai pusat layanan keagamaan.

Program revitalisasi KUA meliputi rehabilitasi fisik, misalnya perubahan _layout front office_, _layout_ balai nikah dan ruang konsultasi.

“Revitalisasi ini juga meliputi penyempurnaan standar pelayanan publik pada KUA Kecamatan, transformasi digital dan penguatan program _capacity building_ terhadap petugas-petugas di KUA model seperti penghulu dan penyuluh,” jelas Wamenag.

 

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Sumber: kemenag

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X