Membangkitkan Kesadaran Bersama Jalankan Prokes Harus Jadi Prioritas

- Selasa, 1 Juni 2021 | 21:04 WIB
Foto Istimewa
Foto Istimewa


JAKARTA, suaramerdeka.com - Pergerakan orang di masa pandemi selalu saja berdampak pada peningkatan jumlah kasus positif Covid-19.

Sehingga harus membangkitkan kesadaran bersama untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan harus jadi program utama para pemangku kepentingan dan masyarakat.

"Data yang menunjukkan ribuan orang terpapar Covid-19 saat arus balik Lebaran tahun ini, sekali lagi menunjukkan bahwa pergerakan orang dari satu wilayah ke wilayah lain berpotensi meningkatkan penyebaran virus Corona," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa 1 Juni 2021.

Baca Juga: Nadiem Luncurkan Merdeka Belajar Episode 11

Data Korlantas Polri, selama operasi penyekatan pada arus balik Lebaran tahun ini (15-31 Mei 2021) telah dilakukan swab antigen secara acak terhadap 357.883 orang saat arus balik dan didapati 1.466 kasus positif Covid-19.

Pihak Kepolisian juga mencatat pada rentang arus mudik dan balik pada 12 April 2021-31 Mei 2021 tercatat 3,4 juta kendaraan keluar Jabodetabek dan 3,486 juta kendaraan masuk Jabodetabek.

Menurut Lestari, pernyataan bahwa pergerakan orang berdampak meningkatkan penyebaran Covid-19 langsung terkonfirmasi dengan data meningkatnya jumlah keterisian rumah sakit di sejumlah daerah oleh pasien Covid-19, pasca-Lebaran tahun ini.

Baca Juga: LDII Jateng: Melestarikan Nilai Pancasila dengan Silaturahmi Cegah Konflik

Semua pihak, menurut Lestari seharusnya belajar dari kasus peningkatan penyebaran Covid-19 yang terjadi pasca-Lebaran, tahun lalu.

Salah satu cara untuk menekan peluang penyebaran virus itu setiap orang harus disiplin menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, dalam berbagai kesempatan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X