Hari Tembakau Sedunia, Kemenkes Ajak Masyarakat Berhenti Merokok Apapun Jenisnya

Ant
- Senin, 31 Mei 2021 | 19:55 WIB
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. (Foto: Dok. Kemenkes RI)
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono. (Foto: Dok. Kemenkes RI)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Pada peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021 Kementerian Kesehatan mencanangkan sebanyak 5 juta orang berhenti merokok melalui serangkaian program kerja.

"Tahun ini kami ajak seluruh lapisan masyarakat mendukung gerakan berhenti merokok dengan target 5 juta orang berhenti merokok apapun jenisnya," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono dalam keterangannya secara virtual, Senin 31 Mei 2021.

Hari Tembakau Sedunia yang diperingati setiap 31 Mei mengangkat tema "Berani Berhenti Merokok" apapun jenisnya, baik konvensional maupun rokok yang lebih modern.

Menurut Dante, tema tersebut relevan di Indonesia yang mempunyai korelasi dengan meningkatnya konsumsi merokok di kalangan anak dan remaja.

Baca Juga: Ini Alasan Kepolisian Berikan Izin Kompetisi Liga 1 dan 2

Prevalensi perokok pada kelompok usia anak-anak 10-18 tahun, kata Dante, meningkat 7,2 persen 2013 menjadi 9,1 hingga 2018.

"Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang mempunyai tingkat perokok aktif yang sangat tinggi, perokok laki laki di Indonesia tertinggi nomor tiga di dunia setelah India dan China," katanya.

Berdasarkan atas riset kesehatan dasar (Riskesdas) oleh Kementerian Kesehatan, data perokok elektronik meningkat drastis dari 1,2 persen pada 2016 menjadi 10,9 persen pada 2018.

"Angka ini membuat kita prihatin karena rokok di Indonesia menjadi salah satu yang paling aktif bila dibandingkan negara lain," katanya.

Baca Juga: Gara-Gara Pemudik Lolos, Kasus Covid-19 di Jabar Naik Signifikan

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X