Nasib Ibadah Haji Belum Diputuskan, Menag Tunggu Bertemu Jokowi

Ant
- Senin, 31 Mei 2021 | 18:28 WIB
Foto suaramerdeka.com/dok
Foto suaramerdeka.com/dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan, Kementerian Agama akan segera mengambil sikap terkait nasib penyelenggaraan ibadah haji 2021 seusai menghadap Presiden Joko Widodo pada Rabu pekan ini.

"Tadinya ingin (menghadap presiden) besok tetapi ternyata hari libur, sampai Rabu saya akan berkomunikasi ke presiden dan kita akan membuat keputusan apakah kita menunggu terus atau kita putuskan sendiri," ujar Yaqut Cholil Qoumas saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, seperti dilansir dari Antara, Senin (31/5).

Pemerintah, menurutnya sudah tidak bisa menunggu lagi soal kepastian pelaksanaan ibadah haji dari pemerintah Arab Saudi. Karena hingga saat ini otoritas Arab Saudi tak kunjung memberikan informasi resmi soal haji.

Baca Juga: MenkopUKM Lepas Ekspor Briket Tempurung Kelapa Ke Timur Tengah

Menurut dia pemerintah akan segera mengambil keputusan baik dengan atau tanpa pengumuman dari pemerintah Arab Saudi. Sebab, persiapan pelaksanaan haji sudah melewati batas akhir.

"Kita tak boleh berpangku tangan, kita harus membuat keputusan soal ibadah haji ini. Keputusan ini harus kita buat dengan atau tanpa pengumuman dari pemerintah Arab Saudi," katanya.

Berdasarkan skenario hitungan pemberangkatan haji dengan kuota tertentu, telah melewati batas akhir.

Ia mencontohkan apabila kuota haji diberikan 30 persen atau 60.996 orang, maka tenggat waktu maksimal kepastian penetapan kuota harus pada 11 Mei dan pemberangkatan 27 Juni 2021.

Baca Juga: Minta Maaf, Kiwil Sadari Label Tukang Kawin Sakiti Hati Anak-anaknya

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X