Bakal Gantikan LPG di Masa Mendatang, Ini Kelebihan DME

- Selasa, 16 November 2021 | 11:22 WIB
DME. (foto: dmegas.id)
DME. (foto: dmegas.id)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Pemerintah rencananya bakal mengganti LPG menjadi DME. Rencana penggantian LPG menjadi DME tersebut telah disampaikan oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

DME adalah senyawa ether yang paling sederhana, berbentuk gas dan tidak berwarna dengan bau ether dan larut dalam air maupun dalam minyak.

Pengembangan DME sebagai alternatif pengganti LPG  bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi rumah tangga di masyarakat.

Baca Juga: Tren Kasus Covid-19 Luar Jawa-Bali Terus Menurun, Tidak Ada Provinsi di Level Asesmen 3 dan 4

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) ESDM, Dadan Kusdiana, persoalan keseimbangan suplai dan stok LPG ini ke depan bisa teratasi melalui pemanfaatan DME.

Menurut Dadan, karakteristik DME memiliki kesamaan baik sifat kimia maupun fisika dengan LPG.

Karena mirip makanya pemanfaatan DME bisa menggunakan infrastruktur LPG yang ada sekarang, seperti tabung, storage, dan handling eksisting.

Baca Juga: Regulasi Dipermudah, Investor Daerah Mesti Makin Menggeliat

Kelebihan lainnya dari DME adalah bisa diproduksi dari berbagai sumber energi, termasuk bahan yang dapat diperbarui.

DME memiliki kandungan panas (calorific value) sebesar 7.749 Kcal/Kg, sementara kandungan panas LPG senilai 12.076 Kcal/Kg.

Meski begitu, DME memiliki massa jenis yang lebih tinggi sehingga bila dihitung dalam perbandingan kalori antara DME dengan LPG sekitar 1:1,6.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X