Uni Eropa Izinkan Vaksin Pfizer Digunakan untuk Anak Usia 12-15 Tahun

Red
- Minggu, 30 Mei 2021 | 10:05 WIB
Ilustrasi Vaksin Pfizer. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Vaksin Pfizer. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Beberapa negara di dunia sudah menggunakan sejumlah vaksin covid-19. Salah satunya jenis vaksin Pfizer.

European Medicine Agency (EMA) pada Jumat 28 Mei 2021 mengizinkan vaksin Pfizer/BioNTech untuk digunakan pada anak-anak berusia 12 dan 15 tahun.

“Komite Pengobatan Manusia EMA hari ini menyetujui penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech, yang disebut Comirnaty, untuk remaja dari 12 hingga 15 tahun,” kata Kepala Ancaman Kesehatan Biologis dan Strategi Vaksin di EMA, Marco Cavaleri, seperti dikutip suaramerdeka.com dari Anadolu Agency, Minggu.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Sejumlah Wilayah di Indonesia Potensi Hujan Lebat Disertai Kilat

Menurut dia, uji klinis dengan melibatkan lebih dari 2.000 anak remaja membuktikan respons imun yang serupa atau bahkan lebih baik dibandingkan dengan orang dewasa.

Ia menambahkan, efek sampingnya juga relatif ringan dibandingkan dengan yang dialami orang dewasa muda setelah vaksinasi.

Atas rekomendasi dari regulator obat Uni Eropa itu, Komisi Eropa akan mengubah lisensi pemasaran dosis vaksin, mengubah usia rekomendasi termuda menjadi 12 tahun dari 16 tahun.

Baca Juga: Borobudur Dualthon Gairahkan Sport Tourism Jateng-DIY

Berdasarkan keputusan tersebut, negara-negara Uni Eropa akan bebas memutuskan apakah akan memperpanjang program vaksinasi untuk remaja muda.

Vaksin BioNTech/Pfizer adalah vaksin Covid-19 pertama yang disahkan di Uni Eropa.

Vaksin ini menggunakan teknik mRNA inovatif berdasarkan molekul RNA kurir dengan instruksi untuk menghasilkan protein dari virus yang menyebabkan Covid-19 untuk mempersiapkan tubuh melawan penyakit.

Berlawanan dengan vaksin tradisional, BioNTech/Pfizer tidak mengandung virus Covid-19 yang sudah dimatikan.

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Anadolu Agency

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X