Jawa Tengah Penyumbang Terbesar Vaksinasi Lansia, Jauh di Atas Cakupan Nasional

- Sabtu, 29 Mei 2021 | 09:12 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com - Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi penyumbang terbesar pada cakupan vaksinasi lansia secara nasional. Bahkan rata-rata nasional vaksinasi lansia di Jawa Tengah juga jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional, yakni dosis pertama sebesar tercatat 13,18 persen dan dosis kedua tercatat 8,85 persen.

''Kita patut bersyukur untuk Jawa Tengah sendiri, cakupan vaksinasi lansia dosis satu dan dua jauh di atas cakupan nasional. Jawa Tengah masing-masing 28,95 persen dan 22,67 persen. Ini kuar biasa sekali dengan strategi dan kolaborasi yang baik antar stakeholder terkait,'' kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi.

Menurut Sekjen pencapaian itu tidak terlepas dari kontribusi kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, salah satunya Kabupaten Grobogan yang menjadi 10 besar penyumbang vaksinasi lansia di Provinsi Jawa Tengah. ''Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Gubernur dan jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah serta Bupati dan jajaran Pemerintah Kabupaten Grobogan atas pencapaian ini,'' kata Sekjen.

Oscar Primadi mengatakan Kemenkes menekankan capaian-capaian ini bisa terus ditingkatkan agar target 100 persen cakupan vaksinasi lansia di Provinsi Jawa Tengah dapat segera terealisasi. Untuk mencapai target tersebut pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dibutuhkan kolaborasi seluruh pihak dan semua elemen masyarakat.

Sekjen mengatakan pentingnya dukungan keluarga, khususnya anak dan kerabat dari para lansia, tokoh agama, tokoh masyarakat agar mereka terus memotivasi para Lansia supaya bersedia divaksinasi. Selain itu, mereka terus melakukan monitoring dan evaluasi mengenai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 agar berjalan efisien dan efektif.

Perlakuan Khusus

''Tentu kita tidak boleh cepat berpuas diri karena tantangan yang harus dicapai untuk vaksinasi lansia masih cukup besar,'' tutur Sekjen yang berpesan kepada keluarga serta para Lurah/Kepala Desa beserta jajaran di tingkat RW dan RT memberikan dukungan dan kerja sama untuk memastikan lansia di wilayah kerjanya telah divaksinasi Covid-19.

Oscar Primadi mengingatkan kelompok lansia merupakan kelompok rentan sehingga perlu mendapat perlakuan khusus. ''Saya menghimbau agar kita sebagai orang-orang terdekat dan dipercaya oleh para orang tua kita dapat mengajak dan memfasilitasi lansia untuk memperoleh vaksinasi Covid-19,'' pesannya.

Sekjen berharap dengan hadirnya Gebyar Vaksinasi Lansia di Provinsi Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Grobogan ini dapat memicu peningkatan cakupan vaksinasi lansia, sehingga semakin banyak lansia yang divaksinasi maka semakin cepat pula mereka terlindungi dari kemungkinan terpapar Covid-19.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

PMI DIY Salurkan Bantuan bagi Korban Erupsi Semeru

Selasa, 7 Desember 2021 | 23:28 WIB

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X