Sosialisasi Gemastik XIV, Dosen DKV FSRD ISI Surakarta Jadi Narasumber

- Senin, 31 Mei 2021 | 11:00 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SOLO, suaramerdeka.com - Jelang Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (Gemastik) XIV Tahun 2021 tahapan sosialisasi digelar secara daring pada Selasa, 26 Mei 2021 melalui aplikasi zoom. Basnendar Herry Prilosadoso, S,Sn., M.Ds sebagai dosen Prodi Desain Komunikasi Visual, FSRD ISI Surakarta hadir sebagai pemateri dalam kegiatan itu.

Basnendar, yang sudah lama menjadi koordinator juri di Gemastik, khususnya bidang lomba Animasi akan menjelaskan pedoman mata lomba di Divisi IV Desain Pengalaman Pengguna (UX Design), Divisi V Animasi (Animation), dan Divisi X Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development).

"Dengan keikutsertaan sebagai pemateri dan koordinator juri di event Gemastik XIV/ 2021, selain meningkatkan kompetensi dosen, rekognisi, juga untuk media peningkatan reputasi lembaga, khususnya Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta," kata Basnendar.

Untuk mata lomba lainnya, dijelaskan Dr. Ir. Heroe Wijanto, M.T dari Universitas Telkom Bandung soal materi Informasi Umum, Divisi VI Kota Cerdas (Smart City), dan Divisi IX Piranti Cerdas, Sistem Benam & IoT (Smart Device, Embedded System & IoT). Selanjutnya,  Wahyono, S.Kom., P.hD dari Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta memaparkan lomba dari Divisi I Pemrograman (Programming), Divisi III Penambangan Data (Data Mining), dan Divisi VIII Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development).

Lalu, Ir. Muchammad Husni, M.Kom dari Institut Teknologi Surabaya menjelaskan informasi mengenai lomba di Divisi II Keamanan Siber (Cyber Security), Divisi VII Karya Tulis Ilmiah TIK (ICT Scientific Paper), dan Divisi XI Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development).

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia menggelar Gemastik XIV sebagai salah satu ajang kompetisi di bidang Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan implementasi kebijakan Kampus Merdeka. Gemastik XIV tahun ini akan dilaksanakan secara daring, di mana terdapat 11 cabang/divisi lomba baik untuk skema pertandingan maupun kompetisi karya, serta satu lomba nonmedali, yaitu desain poster.

Editor: Andika Primasiwi

Terkini

Peradi Pemalang Luncurkan Pusat Bantuan Hukum Gratis

Minggu, 19 September 2021 | 18:02 WIB

Immune Booster Disalurkan ke Korban Banjir Lebak

Minggu, 19 September 2021 | 11:16 WIB

Membiasakan Hidup Bersama Covid-19

Minggu, 19 September 2021 | 00:34 WIB

Pandemi dan Keseimbangan Hidup

Minggu, 19 September 2021 | 00:21 WIB
X