Varian Virus Covid-19 India di Cilacap Sangat Serius, Ini Langkah Kemenkes

- Rabu, 26 Mei 2021 | 11:12 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menegaskan saat ini Pemerintah serius mewaspadai adanya Variants of Concern Virus Covid-19 dari luar negeri, salah satunya adalah kasus klaster Kapal MV Hilma Bulker di Cilacap yang mengakibatkan 14 ABK positif Covid-19 varian B.1.617.

Dante mengatakan hasil tracing terhadap nakes dan kontak nakes sebanyak 179 orang menunjukkan 47 orang positif. Untuk iu, kasus virus India ini menjadikan perhatian serius untuk pengetatan terhadap kapal yang datang dari negara yang sedang mengalami kenaikan kasus sangat tinggi dan negara asal varian baru Covid-19.

Sementara itu, Ketua Pokja Genetik FK-KMK UGM dr Gunadi Sp.BA., Ph.D, meminta masyarakat tidak panik menghadapi situasi saat ini. Namun, tetap waspada dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan.  "Jangan panik, tetapi terus waspada menerapkan prokes untuk mencegah penyebaran varian baru tersebut," katanya.

Dosen FK-KMK UGM ini menjelaskan per 11 Mei 2021 lalu, WHO telah meningkatkan status varian Covid-19 B.1.617 dari Variant of Interest (VoI) menjadi Variant of Concern (VoC) di level global. Artinya, varian itu dinyatakan patut diwaspadai penyebarannya karena telah terbukti memengaruhi kecepatan transmisi/lebih mudah menyebar.

 WHO menyatakan varian Covid-19 yang masuk dalam kategori VoC harus diawasi secara ketat untuk mengetahui perkembangan pandemi.  Negara-negara dunia dapat meningkatkan kemampuan melakukan pengawasan VoC dengan memperbanyak tes whole genome sequencing (WGS).  "Tentunya hal ini harus menjadi perhatian bersama khususnya masyarakat Indonesia, mengingat varian ini telah dideteksi di Indonesia dan juga statusnya naik menjadi VoC," kata Gunadi.

Menurut dia, perubahan status terhadap varian B.1.617 tersebut menambah varian baru virus Covid-19 yang berstatus VoC menjadi 4 varian. Tiga varian lainnya yang juga dikategorikan sebagai VoC pada level global adalah varian B. 1.17 asal Inggris,  varian B. 1.351 dari Afrika Selatan dan varian P.1 dari Brasil.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X