Tindaklanjuti Dugaan Kebocoran Data, Ini Upaya BPJS Kesehatan

- Selasa, 25 Mei 2021 | 14:45 WIB
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti (Foto Istimewa)
Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti (Foto Istimewa)

JAKARTA, suaramerdeka.com - BPJS Kesehatan terus berbenah usai diterpa isu dugaan kebocoran data pribadi penduduk. Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti mengatakan saat ini BPJS Kesehatan telah menindaklanjuti masalah tersebut.

Untuk memastikan keamanan data, BPJS Kesehatan menjalin kerja sama strategis dengan BSSN dan lembaga professional lainnya. Selain itu, BPJS Kesehatan juga mengembangkan dan mengimplementasikan sistem keamanan data yang sesuai dengan standar ISO 27001 (certified), Control Objectives for Information Technologies (COBIT) serta mengoperasionalkan Security Operation Center (SOC) yang bekerja 24 jam 7 hari.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti  menjelaskan, BPJS Kesehatan telah mengadopsi sistem keamanan teknologi informasi berlapis-lapis. Meski begitu, Ghufron mengakui bahwa masih dimungkinkan terjadinya peretasan. Ia juga menyebut bahwa peristiwa peretasan dialami oleh banyak lembaga baik di dalam maupun luar negeri.

Selain melakukan investigasi dan penelusuran jejak digital, BPJS Kesehatan juga sedang melakukan mitigasi terhadap hal- hal yang mengganggu keamanan data dalam proses pelayanan dan administrasi. 

“Kami juga sedang melakukan penguatan sistem keamanan TI terhadap potensi gangguan keamanan data, antara lain  meningkatkan proteksi dan ketahanan sistem," kata Ghufron.

Ia pun menegaskan bahwa BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan data pribadi kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Apabila ada permintaan data pribadi yang mengatasnamakan BPJS Kesehatan atau mengkaitkan dengan BPJS Kesehatan maka diharapkan masyarakat dapat mengkonfirmasi ke layanan resmi BPJS Kesehatan yaitu Care Center 1500400 atau Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Editor: Maya

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB
X