Ribuan Pemudik Arus Balik Positif Covid-19 Usai di Rapid Test

- Senin, 24 Mei 2021 | 19:55 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

JAKARTA, suaramerdeka.com - 156.162 pemudik dari berbagai daerah di Jawa yang kembali menuju ke Jakarta mengikuti rapid test antigen. Dari pemeriksaan tersebut, 1.046 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Yang kena Covid-19 ada 1.064 orang," kata Ketua Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengungkapkan, saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (24/5).

Selain itu, pemeriksaan GeNose juga dilakukan terhadap 340.047 pemudik yang ke ibu kota. Dari jumlah itu, total pemudik yang reaktif Covid-19 sebanyak 6.925 orang.

Pemeriksaan virus corona juga dilakukan pada pemudik asal Sumatera yang kembali ke Jawa. Dari 59.967 orang yang diperiksa dengan rapid test antigen di Lampung, ada 532 orang diketahui positif Covid-19.

Mereka yang status pemeriksaannya reaktif Covid-19 dalam tes cepat, petugas akan melanjutkan dengan tes polymerase chain reaction (PCR) jika tetap positif, mereka harus diisolasi. Sementara mereka yang bergejala langsung dirawat di rumah sakit setempat.

"Setelah pemeriksaan swab PCR, mereka sekarang dalam perawatan di sejumlah tempat di Lampung baik di rumah sakit, maupun di tempat-tempat (isolasi) yg disiapkan Pemerintah Provinvi Lampung," kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Untuk itu, pemerintah akan memperpanjang pengecekan mandatori di Pelabuhan Bakauheni, Lampung hingga 31 Mei. Sebab, baru 14,9% atau 59.967 pemudik asal Sumatera yang kembali ke Jakarta dari total yang berangkat sebanyak 400 ribu orang.

Sebelumnya, pemerintah menjalankan tes Covid-19 untuk mengantisipasi arus balik mobilitas masyarakat setelah libur Lebaran. Tes ini dilakukan secara acak pada beberapa titik perlintasan di Pulau Jawa. Selain itu, ada mandatory-check wajib untuk penumpang penyeberangan antara Jawa-Sumatera.

Mandatory-check atas dokumen RT-PCR/swab test antigen/GeNose akan dilakukan untuk semua pelaku perjalanan, sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021. Pengecekan ini diterapkan untuk arus balik dari wilayah di Pulau Sumatra ke Jakarta melalui penyeberangan Bakauheni – Merak, dan akan dilakukan di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung.

Halaman:

Editor: Maya

Terkini

X