Capres Alternatif buat Pilpres 2024 Lebih Menarik

- Senin, 24 Mei 2021 | 16:11 WIB
ilustrasi Istimewa
ilustrasi Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com  - Calon presiden alternatif dinilai bisa membuat kompetisi Pemilihan Presiden 2024 menjadi lebih menarik. Hal tersebut karena capres yang akan berlaga tidak hanya didominasi oleh tokoh dari Pulau Jawa dan para ketua umum partai politik.

"Salah satu fenomena menarik dalam suksesi kepemimpinan nasional adalah munculnya capres alternatif. Yakni, capres yang berada diluar nama-nama mainstream yang beredar di kalangan publik dan survei," kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago, Senin (24/5).

Menurutnya, semakin banyak capres membuat demokrasi semakin baik. Sehingga sebaiknya pilpres mendatang tidak hanya diikuti oleh dua pasangan capres.

"Hal itu juga agar tidak ada lagi gesekan atau keterbelahan publik, seperti pada pilpres yang lalu. Karena jika banyak capres, maka akan banyak varian pilihan," ujarnya.

Berdasar riset yang dilakukan oleh Voxpol, kata dia, saat ini masyarakat menginginkan lebih dari dua pasangan capres. Selain itu, kandidat yang muncul bukan hanya dari kalangan ketua umum partai politik atau menteri-menteri yang dianggap berkinerja baik.

"Akan tetapi muncul dari kalangan kepala-kepala daerah berprestasi. Dimana saat ini, klaster ketua umum parpol banyak yang tidak populer dan kurang disukai masyarakat," tandasnya.

Menonjol

Sehingga, yang diharapkan adalah kepala-kepala daerah yang berprestasi. Namun sayangnya, kepala daerah yang menonjol saat ini masih didominasi oleh mereka yang berada di Pulau Jawa.

"Misalnya, Anis Baswedan di DKI Jakarta, Ganjar Pranowo di Jawa Tengah, Ridwan Kamil di Jawa Barat dan Khofifah di Jawa Timur. Padahal semestinya harus muncul klaster dari luar Jawa," tegasnya.

Halaman:

Editor: Maya

Terkini

X