Karantina Mandiri 5x24 Jam, Tanggung Jawab Pelaku Perjalanan

- Kamis, 20 Mei 2021 | 10:36 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

JAKARTA, suaramerdeka.com  - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan karantina mandiri menjadi tanggung jawab pribadi pelaku perjalanan di masa periode pengetatan usai libur mudik Lebaran mulai 18-24 Mei mendatang.

Satgas menegaskan masyarakat yang melakukan mudik ke kampung halaman pada Lebaran tahun ini diminta melakukan karantina mandiri 5 x 24 jam setelah pulang ke domisili tempat tinggalnya. ‘’Karantina ini merupakan hal yang penting dan harus dilakukan sehingga dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19 kepada orang-orang terdekat," kata Wiku.

Prof Wiku mengatakan agar karantina mandiri berjalan efektif, Satgas Covid-19 di daerah setempat diminta mengoptimalisasi peran pos komando (posko) Covid-19 di tempat tinggal yang bersangkutan. Posko akan bertugas mendata melaporkan dan memastikan seluruh pelaku perjalanan melakukan karantina mandiri.

Fasilitas kesehatan terdekat juga harus dikoordinasikan agar jika ada kasus positif Covid-19 dapat dilakukan penanganan. Untuk itu semua pihak tidak terlena meskipun perkembangan Minggu lalu pada kasus positif dan kematian menunjukkan penurunanan.

Prof Wiku mengingatkan bagi masyarakat yang baru saja kembali dari bepergian agar melakukan karantina mandiri sebagai bentuk tanggung jawab terhadap orang-orang di sekitarnya dengan harapan momentum Lebaran Idul Fitri 1442 H dan libur panjang tidak menimbulkan lonjakan kasus.

Dampak Libur

Ketua Tim Pakar Satgas Covid itu mengingatkan kembali setiap momentum libur panjang, dampak yang ditimbulkan baru terlihat pada 2 - 3  minggu setelahnya. Data perkembangan saat ini, belum menunjukkan dampak dari adanya libur dan kegiatan mudik Lebaran.

Prof Wiku menegaskan kantor wajib melakukan karantina bagi pegawai yang melakukan perjalanan udik Lebaran. "Terutama bagi kantor-kantor yang pegawainya melakukan perjalanan antarbatas daerah selama lebaran dan libur Idul Fitri. Agar mewajibkan pegawainya melakukan karantina mandiri sebelum kembali ke kantor," tegas Wiku.

Untuk efektivitas karantina, seluruh posko desa dan kelurahan diminta memantau masyarakat siapa yang melakukan perjalanan agar melaksanakan karantina mandiri selama 5 x 24 jam. Satgas meminta karantina menjadi perhatian masyarakat dan penanganan di wilayahnya masing-masing berjalan optimal.

Halaman:

Editor: Andika

Tags

Terkini

X