Menkes: Capaian Vaksinasi Lansia Masih Jauh dari Harapan

- Selasa, 18 Mei 2021 | 13:32 WIB
Foto dokumentasi
Foto dokumentasi

BANDUNG, suaraerdeka.com - Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan bahwa vaksinasi terhadap warga lanjut usia (lansia) yang jadi prioritas setelah tenaga kesehatan belum menggembirakan.

 

Untuk itu, pihaknya meminta daerah untuk melakukan percepatan pemberian vaksin bagi orang tua terutama kapasitas penyuntikan yang dinilai masih rendah.

"Dari 21,6 juta target, sejauh ini baru 2,8 juta lansia yang sudah divaksinasi," katanya pada gebyar vaksinasi lansia di RSUD Otto Iskandar Dinata, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (18/5).

Kegiatan dihadiri Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum dan Bupati Bandung, Dadang Supriatna. Hadir pula pelawak Doyok yang dihadirkan guna memotivasi peserta vaksinasi.

Capaian vaksinasi lansia tersebut, kata Budi Gunadi Sadikin, jauh dibandingkan dengan pembukuan program vaksinasi bagi petugas pelayanan publik yang digelar berbarengan. Dari jumlah 17,6 juta petugas, mereka yang sudah divaksin mencapai 15 jutaan orang.

Dia tak menampik kondisi tersebut tak terlepas dari belum optimalnya sosialisasi vaksinasi terhadap lansia. Padahal, prioritas itu diberikan karena faktor risiko terkena Covid-19 yang lebih besar dibanding kalangan lainnya. "Mereka lebih rentan," katanya.

Terlebih pada masa Lebaran terutama bagi sebagian masyarakat yang tetap memaksakan diri untuk mudik sehingga kontak langsung dengan lansia terbuka.

"Jadi saya tak mengkhawatirkan anaknya tapi risiko terhadap orang tuanya, jadi mari kita lindungi orang tua kita," katanya.

Halaman:

Editor: Maya

Terkini

LRT Kecelakaan di Cibubur, Diduga Human Error

Senin, 25 Oktober 2021 | 20:52 WIB
X